Cara mengirim pesan lewat email baik melalui komputer, laptop atau hp sebenarnya sangat mudah. Tapi, hal mudah ini masih juga banyak orang indonesia yang masih belum tahu caranya. Bahkan aplikasi email yang sudah terinstal di hp mereka saja belum benar-benar tahu bahwa itu adalah aplikasi email.

Pada artikel singkat ini, saya akan menjelaskan secara lengkap tentang bagaimana cara mengirim pesan lewat email baik itu melalui komputer maupun hp smartphone.

Baca : Cara Mencari atau Menemukan Email Arsip di Gmail

Daftar Isi

Kenali Aplikasi Email

Hal pertama yang perlu Anda pahami untuk cara mengirim pesan lewat email tentu saja adalah aplikasi yang digunakan untuk mengirim email. Ada banyak aplikasi untuk mengirim pesan email. Saya akan mengambil tiga dari yang paling terkenal yaitu :

  • Gmail
  • Yahoo!
  • Microsoft Outlook

Loading…

Aplikasi Gmail ini yang paling banyak digunakan saat ini oleh semua kalangan, karena setiap Anda membeli hp smartphone android sudah pasti terinstal aplikasi email milik Google ini. Silahkan periksa di setiap hp Anda apakah disitu terdapat aplikasi email Gmail? Jika iya, selamat Anda tidak perlu instal lagi untuk praktek cara mengirim pesan lewat email di artikel ini.

Selanjutnya untuk Ymail atau Yahoo mail ini adalah buatan Yahoo, ini pernah menjadi raja email sepuluh tahun lalu tapi sekarang penggunanya sudah sangat berkurang karena dominasi Gmail.

Yang terakhir Microsoft Outlook, email ini juga populer tapi sangat jarang digunakan oleh pengguna dan hanya digunakan sebagai email cadangan untuk daftar Windows atau punya karena habis membeli laptop dengan sistem operasi Windows dan digunakan untuk aktifasi Windows atau aplikasi Office.

Untuk berbagai macam aplikasi email ini, kita cukup menggunakan Gmail saja karena ini paling sering digunakan. Dan kita cukup memiliki akun email dari salah satu penyedia email tersebut sudah cukup untuk nantinya bisa digunakan mengirim pesan lewat email atau menerima pesan email.

Loading…

Apakah mengirim pesan dari Gmail ke Yahoo atau ke Microsoft Outlook bisa? jawabannya tentu bisa, dan begitu juga sebaliknya. Jadi kadang ada yang bertanya hal semacam itu. Apapun email Anda mau dikirim ke alamat email mana saja jawabannya adalah bisa.

Jadi, jika Anda sudah memiliki Gmail dan ingin mengirim email ke alamat yahoo, maka tidak perlu membuat akun yahoo, cukup gunakan gmail dan itu pasti terkirim.

Cara Mengirim Pesan Lewat Email dengan Gmail

Di artikel ini saya tidak akan membahas tentang cara membuat email, karena saya anggap semua pembaca sudah memilikinya. Karena setiap membeli HP sudah dipastikan Anda memiliki aplikasi Gmail dan terdaftar disana, karena tidak mungkin Anda bisa menginstal aplikasi di Play Store jika tidak memiliki akun Gmail.

Jika memang benar-benar belum memiliki email dan ingin tahu cara membuat email, silahkan baca artikel saya tentang Cara Membuat Email di Gmail dengan Komputer dan HP Smartphone.

Mengirim pesan email melalui komputer

  • Silahkan buka browser kesayangan Anda, bisa mozilla firefox atau Chrome atau yang lainnya.
  • Akses Gmail melalui alamat Gmail.com dan masukkan Nama email dan Kata Sandi Anda.

<div>Cara Mengirim Pesan Lewat Email (Komputer & HP)</div>

<div>Cara Mengirim Pesan Lewat Email (Komputer & HP)</div>

  • Setelah masuk halaman email, Anda akan melihat seperti tampilan berikut ini. Untuk mulai menulis email di Gmail. Klik Icon ‘+ Tulis‘ di pojok kiri atas.

kirim pesan email gmail 1

kirim pesan email gmail 1

Loading…

  • Akan muncul popup dibagian pojok kanan bawah, Silahkan isi bagian :

kirim pesan email gmail 2

kirim pesan email gmail 2

    • Penerima : (isi dengan alamat email penerima) …@gmail.com
    • Subjek : Isi dengan judul email.
    • Isi : Dibagian bawah subjek adalah tempat untuk isi email, Anda bisa mengetikkan isi secara detail tentang pesan yang akan Anda kirim melalui email tersebut kepada penerima.
  • Jika sudah klik tombol ‘Kirim‘. Anda bisa melihat bahwa email terkirim dengan benar di menu ‘Terkirim‘ disebelah kiri.

Di sebelah tombol kirim, Anda akan melihat banyak ikon kecil yang memiliki fungsinya masing-masing, Anda bisa menggunakan fitur ini jika memang diperlukan :

  • A : Ikon yang berisikan pemformatan penulisan email, Anda bisa memilih jenis font, ukuran font, bold, miring, rata kanan, rata tengah dan kiri.
  • θ : Ikon klip kertas ini digunakan jika Anda ingin melampirkan file untuk dikirim ke penerima, file ini bisa berupa dokumen atau berbagai jenis file apapun.
  • ∞ : Ikon rantai digunakan untuk menyisipkan link URL sebuah situs.
  • Dan masih banyak lagi ikon yang berfungsi untuk melampirkan seperti gambar dan file yang tersimpan di Google Drive.

Mengirim pesan email melalui HP

Untuk cara mengirim pesan email melalui HP ini tidak jauh beda dengan di komputer, cuman langkahnya lebih sederhana. Berikut caranya :

  • Silahkan buka aplikasi Gmail di HP Anda.

aplikasi email gmail

aplikasi email gmail

  • Klik tombol Tulis dengan ikon pena di pojok kanan bawah.
  • Silahkan isi Penerima dengan alamat email penerima.
  • Isi Subjek dengan judul email atau tujuan Anda mengirim email.
  • Bagian kolom yang besar, ketika dengan tulisan tentang isi email Anda. Di situ juga bisa melampirkan gambar, file, link dan lainnya seperti halnya ketika mengirim pesan email melalui komputer.

tulis email gmail hp

tulis email gmail hp

  • Jika sudah, silahkan klik tombol kirim yang berbentuk ikon pesawat di pojok kanan atas.

Selesai, sekarang Anda sudah berhasil mengirim pesan email dengan Gmail baik melalui komputer maupun HP. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Baca : Cara Keluar, Logout atau Sign Out dari Akun Gmail

Loading…

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

About The Author

via centerklik