Cara menghilangkan panu secara cepat bisa di lakukan dengan menggunakan cara yang alami tanpa obat. Selain itu, Sobat juga bisa menggunakan obat-obatan anti jamur yang dijual di apotek tanpa perlu membawa resep dokter. Baru ketika pengobatan yang dilakukan sendiri di rumah tidak kunjung membuat panu hilang, Sobat bisa segera periksakan diri ke dokter bila Cara Menghilangkan Panu dengan Mudah tidak berhasil.

Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia furfur. Obatnya adalah salep antijamur yang memang dikhususkan untuk memerangi jamur. Namun selain menggunakan obat-obatan medis, ternyata ada beberapa obat panu alami yang juga bisa bantu menghilangkan panu. Inilah Cara Menghilangkan Panu dengan Mudah secara Alami.

Cara Menghilangkan Panu dengan Mudah

Berbagai obat panu alami ini dipercaya bisa mengatasi infeksi jamur penyebab panu berkat zat aktif di dalamnya.

1. Minyak kelapa

Cara Menghilangkan Panu dengan Minyak Kelapak

The New York Times

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu tubuh meningkatkan resistensi terhadap jamur, virus, dan bakteri. Kandungan asam lemak didalam Minyak Kelapa dapat menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu. Sobat cukup mengoleskan minyak kelapa murni pada kulit yang terkena panu, diamkan hingga kering. Begitulah Cara Menghilangkan Panu dengan Minyak Kelapa.

2. Lidah buaya

News-Medical.Net

Lidah buaya mempunyai sifat anti jamur dan antiradang yang kuat, untuk membantu menghilangkan jamur dan meredakan peradangannya yang membuat kulit gatal. Lidah buaya juga dapat mempercepat penyembuhan kulit yang rusak.

Cara pakainya mudah, tinggal oleskan langsung gel lidah buaya murni ke kulit yang berpanu. Cara lainnya, campurkan dahulu gel aloe vera dengan beberapa tetes minyak pelarut atsiri seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Ulangi rutin selama dua atau tiga kali sehari. Begitulah Cara Menghilangkan Panu dengan Lidah Buaya.

3. Cuka apel

Cara Menghilangkan Panu dengan Cuka Apel

BBC Good Food

Cuka apel mengandung zat yang berguna sebagai anti-mikroba. Kandungan senyawa anti-mikroba ini akan membantu kulit untuk mengontrol pertumbuhan jamur. Caranya adalah dengan campurkan 1 sdm cuka apel dan 1 sdm air hangat. Ambil kapas lalu oleskan pada panu. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Begitulah Cara Menghilangkan Panu dengan Cuka Apel.

4. Kunyit

Cara Menghilangkan Panu dengan Kunyit

iyalifoods.com

Kunyit merupakan obat panu alami yang telah dipercaya sejak lama. Dikarenakan, kunyit mengandung sifat antiseptik, antibiotik, dan antijamur yang mendukung penyembuhan panu sekaligus mencegah tumbuhnya jamur.

Sobat bisa menggunakan kunyit bubuk siap pakai dan cairkan bersama air sampai jadi pasta halus. Bisa juga pakai kunyit segar yang ditumbuk halus. Oleskan pasta kunyit ke lokasi panu dan diamkan selama 30 menit. Bilas hingga bersih. Begitulah Cara Menghilangkan Panu dengan Kunyit.

5. Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Panu dengan Jeruk Nipis

Specialty Produce

Jeruk nipis mengandung Flavonoid merupakan antioksidan yang kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Dan juga asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang handal. Senyawa lain yang ampuh untuk membasmi panu yang terkandung pada jeruk nipis adalah vitamin C.


Baca Juga :


Sobat perlu utnuk mencampur jeruk nipis dengan belerang. Belerang mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat, virus, penyebab panu dan lainnya. Hal ini dikarenakan adanya zat keratolitik. Campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis dengan 1 sdm belerang yang telah ditumbuk halus. Campurkan hingga keduanya menjadi krim. Oleskan pada panu, diamkan sampai mengering, lalu bersihkan dengan air hangat. Begitulah Cara Menghilangkan Panu dengan Jeruk Nipis.

6. Minyak zaitun dan madu

Cara Menghilangkan Panu dengan Minyak Zaitun

Medical News Today

Penelitian yang dimuat dalam Complementary Therapies in Medicine membuktikan bahwa kombinasi dari madu dan minyak zaitun dapat mengobati panu karena komponen antibakteri dan antijamurnya. Oleskan ramuan ini tiga kali sehari ke kulit yang berpanu untuk maksimal empat minggu. Begitulah Cara Menghilangkan Panu dengan Minyak Zaitun dan Madu.

Itulah Cara Menghilangkan Panu dengan Mudah. Semoga Penyakit Panu lekas hilang, kulit mulus kembali. via 1,2