Merencanakan untuk membeli timbangan digital baru bisa sangat membingungkan, terutama saat Anda mencoba menurunkan berat badan. Anda mungkin memiliki budget yang pas pasan tetapi Anda juga ingin memastikan bahwa Anda mendapatkan gambaran yang akurat tentang kemajuan penurunan berat badan Anda. Ada banyak pilihan di luar sana, apakah Anda menyukai fitur mewah yang ditawarkan beberapa timbangan atau Anda lebih memperhatikan tampilannya di lantai kamar mandi Anda.

Jika Anda ingin mengetahui berat badan Anda, Anda dapat mengukurnya dengan menggunakan timbangan. Ada beberapa jenis timbangan antara lain timbangan digital, timbangan analog atau manaul dan timbangan balok seperti yang digunakan di banyak ruang praktek dokter.

Untuk menimbang diri Anda menggunakan timbangan digital atau manual, letakkan timbangan pada permukaan yang rata atau datar dan melangkahlah ke atasnya. Kemudian, cukup baca angkanya untuk mengetahui berat Anda.

Cara Menggunakan Timbangan Badan Dengan Benar

Tips Memilih Timbangan Badan Sebelum Membeli

Jika Anda berencana untuk membeli timbangan untuk pertama kalinya Anda mungkin ingin mendapatkan model bagus dan lebih murah. Jika Anda sering menggunakannya dan ternyata Anda membutuhkan lebih banyak fitur, belilah dengan model yang memiliki banyak fitur seperti indeks masa tubuh dan presentasi lemak. Tetapi inga juga jangan berpikir bahwa timbangan yang lebih mahal akan mempercepat penurunan berat badan.

Desain Tampilan Timbangan. Anda mungkin menyimpan timbangan yang tidak menarik di dalam lemari atau di lemari kamar mandi Anda. Dan jika Anda tidak melihat timbangan Anda, kemungkinan besar Anda tidak akan menggunakannya. Jadi belilah timbangan yang terlihat elegan di kamar mandi Anda. Pertimbangkan desain timbangan Anda seperti warna, tekstur, dan pencahayaan sebelum membeli.

Tingkat Akurasi. Sulit untuk menguji keakuratan timbangan badan. Tapi itu mungkin tidak terlalu penting seperti yang Anda pikirkan jika Anda menggunakan timbangan untuk menurunkan berat badan. Yang paling penting adalah perubahan yang Anda lihat dari hari ke hari atau minggu ke minggu. Jumlah sebenarnya mungkin tidak 100% sempurna, tetapi jika Anda melihat penurunan berat badan yang terus-menerus, maka program Anda berhasil. Jika Anda melihat peningkatan, maka Anda perlu melakukan perubahan.

Fitur Lainnya. Yang menjadi perhatian bagi sebagian orang adalah kapasitas berat timbangan. Kebanyakan timbangan sekarang mengukur hingga 130 kg hingga 150 kg. Pilihlah timbangan sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan kapasitas timbangan badan tidak melebihi batas. Jika Anda sedang melakukan program diet Anda bisa membeli timbangangan digital dengan banyak fitur seperti Indeks masat tubuh, kadar lemak, rangka otot dan lain sebagainya.

Baca artikel lainnya

Kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan timbangan mereka. Namun, ini adalah instrumen sensitif yang dirancang untuk mengukur sedikit perubahan pada tubuh Anda, bahkan jika Anda tidak menyadariny. Untuk mendapatkan pembacaan paling akurat dari timbangan digital maupun manual, berikut ini adalah cara menggunakan timbangan badan dengan baik dan benar.

Metode Pertama

1. Tempatkan Timbangan Pada Permukaan yang Datar

Pilih permukaan yang rata, datar dan keras untuk meletakkan timbangan Anda, seperti di keramik atau lantai kayu keras. Hindari meletakkannya di atas ubin, permadani, atau karpet yang tidak rata atau bergelombang.

2. Injak Timbangan dengan Kedua Kaki

Injak timbangan lalu berdiri diam pada timbangan dengan kedua kaki dengan rata. Jangan menyentuh atau memegang apa pun, karena hal itu akan memengaruhi bobot yang ditampilkan oleh timbangan.

  • Jika Anda menggunakan timbangan yang dapat diprogram untuk mengukur Indeks Massa Tubuh (BMI), Anda perlu menimbang diri dengan kaki telanjang. Anda juga harus memasukkan tinggi badan, usia, dan jenis kelamin Anda untuk mendapatkan pembacaan yang paling akurat. Ikuti instruksi yang disertakan dengan timbangan untuk menentukan bagaimana cara melakukannya.
  • Jika menggunakan timbangan digital, Injak timbangan dengan kedua kaki maka layar otomatis akan menyala dan mengukur berat badan
  • Jika Anda menggunakan timbangan manual/analog, geser semua beban pada rel horizontal ke kiri setelah Anda berdiri di atas timbangan.

3. Turunkan Kaki Pada Timbangan

Berhati-hatilah untuk tidak melompat ke atas atau dari alat karena ini dapat merusak timbangan. Cukup turunkan kaki perlahan.

4. Catat Hasil Pengukuran

Jika Anda menghitung berat badan Anda, catat angkanya dalam jurnal atau pada selembar kertas grafik. Membuat grafik berat badan Anda akan membantu Anda melihat tren secara keseluruhan dan perubahan berat badan Anda dan juga memberikan bantuan visual untuk kemajuan Anda

Cara Menggunakan Timbangan Badan Dengan Benar

Metode Kedua

1. Timbang Diri Anda Pada Hari yang Sama Dalam Seminggu

Jika Anda berencana untuk mencatat berat badan Anda, timbang diri Anda sekali seminggu pada hari yang sama setiap waktu, seperti setiap hari Senin. Ini akan membantu Anda mendapatkan gambaran paling akurat tentang apakah Anda kehilangan atau menambah berat badan.

2. Ukur Berat Badan Anda pada Waktu yang Sama.

Saat melacak berat badan Anda, penting untuk menimbang diri Anda pada waktu yang sama, seperti di pagi hari. Ini akan menghilangkan fluktuasi dari menimbang diri Anda dengan perut kosong dibandingkan setelah makan besar.

3. Kenakan Pakaian yang Sama

Jika Anda menimbang diri Anda dengan mengenakan setelan baju lengkap pada suatu hari dan bandingkan dengan stelan baju biasa pada hari berikutnya, Anda mungkin mendapatkan hasil yang sangat berbeda. Usahakan untuk mengenakan pakaian yang sama, atau jenis pakaian yang sama misalnya celana pendek olahraga dan kaos setiap kali Anda menimbang badan.

4. Gunakan Timbangan Yang Sama

Jika Anda melacak berat badan Anda, Anda perlu menggunakan timbangan yang sama setiap saat. Timbangan yang berbeda akan memberikan Anda pembacaan yang berbeda, terutama jika Anda beralih antara timbangan digital dan skala analog atau manual.

5. Catat Hasil Pengukuran

Jika Anda menghitung berat badan Anda, catat angkanya dalam jurnal atau pada selembar kertas grafik. Membuat grafik berat badan Anda akan membantu Anda melihat tren secara keseluruhan dan perubahan berat badan Anda dan juga memberikan bantuan visual untuk kemajuan Anda

Cara Menggunakan Timbangan Badan Dengan Benar

Melakukan penimbangan berat badan adalah bagian penting dari rutinitas penurunan berat badan bagi banyak orang yang mencoba menurunkan berat badan. Oleh karena itu, menemukan timbangan digital atau manual terbaik untuk Anda itu sangat penting. Tetapi ada cara lain untuk mengukur kemajuan penurunan berat badan. Jika timbangan tidak memberi Anda angka yang Anda inginkan, ingatlah untuk mempertimbangkan penanda kemajuan penting lainnya seperti menjaga kesehatan yang lebih baik.

Sumber Referensi :
https://www.verywellfit.com/todays-tip-pick-the-right-scale-3496059
https://www.wikihow.fitness/Weigh-Yourself

via galerimedika