Jika Anda mengalami nyeri lutut karena cedera atau setelah operasi, Anda dapat mengambil manfaat dari terapi fisik untuk membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan jangkauan gerak dan mobilitas Anda. Terkadang, terapis fisik atau dokter menyarankan Anda untuk memakai penyangga lutut untuk membantu menstabilkan lutut Anda saat mengalami cedera.

Knee support atau penyangga lutut membantu menopang dan melindungi lutut Anda, dan terutama diperlukan ketika Anda mengalami cedera lutut sedang yang melibatkan kerusakan tulang rawan atau ligamen. Penyangga lutut yang baik mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan dengan membatasi ruang gerak Anda.

Oleh karena itu, untuk perlindungan terbaik, Anda harus mengenakan penyangga lutut dengan benar. Untuk membuat pemulihan penuh, penting bagi Anda untuk memiliki penyangga yang tepat untuk tingkat cedera tertentu seperti yang direkomendasikan oleh dokter.

Artikel kali ini akan membahas tentang cara memakai penyangga lutut, cara memakai penyangga lutut dengan nyaman dan juga cara terbaik untuk melindungi diri dari cedera yang akan datang.

Cara Menggunakan Penyangga Lutut Untuk Pemulihan atau Olahraga

Saat mengenakan penyangga lutut, penting untuk memasangnya dengan benar. Jika terlalu longgar penyangga akan merosot ke bawah kaki Anda, penyangga ini tidak akan memberikan dukungan yang memadai untuk lutut Anda, dan berpotensi menimbulkan bahaya tersandung jika merosot ke bawah terlalu rendah.

Penyangga lutut yang terlalu ketat juga dapat menimbulkan masalah bagi Anda. Jika penyangga terlalu ketat, itu dapat menghambat sirkulasi darah ke kaki Anda atau mungkin menjepit saraf di kaki Anda. Hal ini dapat menyebabkan perubahan warna, pembengkakan, atau mati rasa dan kesemutan di kaki Anda.

Cara Memasang Penyangga Lutut

Untuk memasang penyangga lutut kedengarannya sangat sederhana, tetapi ini sering kali menjadi bagian yang paling penting dalam mengetahui cara memakai penyangga lutut.

Cara menggunakan deker lutut

1. Pilih Model Penyangga Yang Tepat

  • Jenis dan tingkat keparahan cedera akan menentukan model penyangga lutut untuk Anda. Untuk keseleo ringan, Anda mungkin bisa menggunakan lengan kompresi. Untuk robekan atau patah tulang yang lebih serius, mungkin diperlukan penyangga berengsel yang diperkuat dengan logam atau plastik.
  • Konsultasikan dengan dokter untuk memutuskan penyangga yang cocok untuk cedera Anda

2. Pasang Penyangga Kebagian Lutut yang Cedera

  • Pertama, saat menggunakan celana panjang, gulung kaki celana Anda sehingga penyangga langsung menempel pada kulit Anda.
  • Jika Anda memiliki slip on brace, selipkan kaki Anda ke bagian atas brace (area yang melebar untuk mengakomodasi paha Anda) dan keluar melalui bagian bawah. Geser penyangga ke atas kaki Anda sampai bertumpu pada lutut yang cedera.
  • Jika Anda memiliki model lilit, letakkan bagian dalam pad pada lutut Anda kemudian lilitkan strapnya.

3. Pusatkan Penyangga Pada Tempurung Lutut Anda

  • Sebagian besar lubang kecil di bagian depan memiliki kawat gigi untuk menunjukkan arah mana yang harus dilalui.
  • Jika tempurung lutut terlihat melalui lubang penyangga, berarti pemakaiana sudah benar. Ini akan memberikan kenyamanan terbaik dan menjaga ventilasi kulit di bawah penyangga.
  • Agar tidak merosot kebawah, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa penyangga cukup kencang sehingga tidak merosot ke atas atau ke bawah sebelum Anda mengencangkannya.

4. Kencangkan Tali/Strap Setelah Penyangga Ditempatkan dengan Benar

  • Jika Anda memiliki penyangga yang mempunyai tali/strap, arahkan di sekitar bagian belakang penyangga dan kencangkan di bagian depan menggunakan tali Velcro atau strap.
  • Anda harus dapat memasukkan satu atau dua jari ke dalam ruang antara kaki dan penyangga. Jika Anda tidak bisa maka penyangga perlu sedikit dilonggarkan.

Baca artikel lainnya

Mengenakan penyangga lutut mungkin merupakan hal penting yang harus dilakukan setelah cedera atau operasi pada lutut Anda. Mengenakan penyangga yang tidak pas dapat menunda pemulihan Anda atau menyebabkan lebih banyak masalah.

Untuk melindungi diri Anda dari cedera lebih lanjut, selalu dengarkan saran dokter dan percayalah pada mereka saat Anda mengalami cedera. Mereka akan memberi informasi kepada Anda hal-hal penting yang perlu Anda ketahui tentang cedera Anda, cara terbaik untuk memakai penyangga, berapa lama Anda akan membutuhkannya, dan gerakan apa yang harus dihindari.

Beberapa cedera lutut hanya mengharuskan Anda memakai penyangga lutut untuk sebagian hari atau untuk aktivitas tertentu. Cedera yang lebih serius mungkin mengharuskan Anda memakai penyangga setiap saat. Konsultasikan kepada dokter Anda jika ada pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki tentang cedera lutut atau proses rehabilitasi.

Sumber Referensi :
https://www.verywellhealth.com/how-to-properly-fit-a-knee-brace-2696281
https://www.technologyinmotion.com/how-to-wear-a-knee-brace-for-the-best-protection/

via galerimedika