Mungkin sobat semua tidak asing lagi dengan ikon centang berwarna biru yang tampil disamping nama profil akun Instagram. Banyak artis atau tokoh publik yang mendapat lencana tersebut. Pertanyaannya, Bagaimana cara mendapatkan Lencana terverifikasi di IG dan apa saja syarat yang harus dipenuhi, Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mendapat Lencana Centang Biru di Instagram dan Syarat Mendapatkannya

Mengutip dari situs resmi Instagram, Bahwasanya yang dimaksud dengan ikon centang biru di samping nama pemilik akun bertujuan untuk memudahkan para penggunanya menemukan publik figur, selebriti atau artis dan Merek supaya mudah untuk ditemukan serta diikuti.

Pihak Instagram secara selektif akan melakukan filter keaslian kepemilikan akun orang-orang terkenal semisal artis atau merek dagang tertentu dengan memberi label berupa lencana dengan ikon centang biru.

Dimana syarat untuk mendapat ikon lencana terverifikasi sangat ketat dengan berbagai ketentuan, Jumlah follower, kepopuleran dan beberapa aspek lainnya asalkan tidak melanggar pedoman Komunitas IG.

Syarat Mendapat Lencana Biru di Instagram

Ada beberapa faktor dan syarat yang harus dipenuhi pengguna Instagram untuk mendapat Lencana Terverifikasi selain harus memenuhi syarat utama berupa mematuhi pedoman komunitas dan ketentuan pengguna, Diantaranya seperti dibawah ini.

  • Otentik : Pemilik merupakan Bisnis, perorangan atau Entitas yang terdaftar dan asli, Bukan akun bayangan.
  • Lengkap : Semua info profil harus terisi sesuai data seperti Foto profil, Bio, Akun bersifat publik alais tidak disetting privasi serta selalu aktif kala proses pendaftaran.
  • Akun Unik : Maksudnya kepemilikan akun harus mewakili pribadi, bisnis atau merek yang sifatnya unik. Jadi meskipun memiliki beberapa nama di IG, tetap saja hanya satu yang bisa diverifikasi untuk mendapat ikon lencana biru.
  • Populer : Pemilik akun harus terkenal dengan banyak yang mencari serta ribuan follower. Untuk menentukan apakah akun terkenal atau tidak, pihak instagram menentukannya dengan meninjau pemilik akun dari berbagai informasi berita resmi, bukan dari promosi berbayar untuk tujuan mendongkrak popularitas.
Baca juga:  Fitur Video Reels di Instagram dan Cara menggunakannya secara Lengkap

Simak juga informasi : Cara Jual beli online di Instagram tanpa membuat Website dan Teknik Instagram Marketing untuk meningkatkan Omset Penjualan

Pihak IG bisa menghapus Lencana meskipun pengguna sesudah memiliki centang biru terverifikasi, secara terus menerus pihak Instagram akan memonitor apakah ada kecurangan, seperti memakai data palsu atau memberikan informasi yang tidak valid saat proses verifikasi.

Cara Mendapat ikon Lencana Terverifikasi di Instagram

Bila sudah memastikan apa saya syarat dan ketentuan untuk mendapat centang biru di Instagram, Maka berikut ini adalah cara mengajukan permintaan verifikasi Lencana di Instagram melalui Aplikasi di Android dan iPhone.

menu untuk mendaftar lencana centang biru terverifikasi di IG
  1. Buka Aplikasi Instagram di smartphone dan login ke akun yang ingin diverifikasi
  2. Masuk ke profil dengan mengetuk foto profil di pojok kanan bawah
  3. Di pojok kanan atas, ketuk tanda garis tiga mendatar dan pilih Pengaturan
  4. Pilih menu Akun dan pilih menu Minta Verifikasi
  5. Masukkan Nama lengkap sesuai data resmi yang dikeluarkan Pemerintah, Lalu pilih dokumen yang akan dikirim seperti SIM, Paspor, KTP, NPWP atau data resmi lainnya.
  6. Isikan pula data konfirmasi sesuai petunjuk yang ada di layar, Kemudian Ketuk tombol Kirim
Baca juga:  Cara Download video Reel Instagram dan Menyimpan ke Galeri tanpa Aplikasi

Meskipun sudah mengirimkan permintaan untuk mendapat lencana terverifikasi, Namun pihak Instagram tidak menjamin akun anda disetujui meskipun mengirim berulangkali dokumen untuk mendaftar kembali.

Untuk mencegah kegagalan proses peninjauan permintaan verifikasi permintaan Lencana di Instagram, Jangan mengubah Nama Pengguna akun maupun memindah ke akun pihak lain.

Bahkan pihak instagram bisa melakukan tindakan menonaktifkan akun apabila anda menggunakan data dan informasi palsu atau hukuman yang lebih ringan hanya menghapus lencana terverifikasi tersebut.

Penyebab Lencana biru Terverifikasi dihapus Instagram

Selain beberapa hal diatas seperti dokumen palsu dan informasi yang menyesatkan, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan centang biru Lencana di akun IG bisa dicabut atau dihapus, diantaranya yaitu:

  • Menggunakan Foto profil dan Bio palsu
  • Menggunakan Nama anda untuk mempromosikan dan aktivitas yang melanggar peraturan Instagram
  • Menjual , Mengiklankan atau mengalihkan Lencana
  • Terlalu sering Mengubah pengaturan akun dari Publik ke Pribadi

Banyak yang mengejar lencana ikon bercentang biru di Akun Instagram dan gagal meskipun sudah memiliki banyak follower , Bahkan sekelas artis terkenal dan publik figur sekalipun banyak yang tidak memperoleh Lencana terverifikasi.

Baca juga:  Cara Download Video di Instagram disimpan di HP Android

Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberitahukan keberadaan anda atau keinginan untuk terkenal dengan menautkan link website anda, akun Youtube, Twitter atau Halaman Facebook milik anda lainnya ke akun Instagram.

Demikianlah pembahasan tentang apa itu centang biru di akun Instagram dan bagaimana cara mendapatkan Lencana terverifikasi tersebut serta beberapa syarat yang harus dipenuhi, semoga bermanfaat.

via gusinfo