Cara Mencegah Terbentuknya Karang Gigi


Karang gigi adalah plak gigi yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit. Awalnya, plak gigi terbentuk ketika bakteri dalam mulut bercampur dengan protein dan sisa-sisa makanan.  Jika tidak dibersihkan, maka plak tersebut dapat menyebabkan karang gigi. Kali inimkita membahas Cara Mencegah Terbentuknya Karang Gigi.

Cara mencegah munculnya karang gigi perlu Anda perhatikan sejak dini ketika Anda ingin gigi tetap sehat dan kuat. Saat plak pada gigi bersarang, maka Anda harus siap gigi Anda keropos seiring dengan berjalannya waktu.

Cara Mencegah Terbentuknya Karang Gigi

Bukan hanya itu saja, plak gigi juga bisa menyebabkan Anda tidak percaya diri saat bergaul karena bisa menyebabkan bau mulut atau gigi menguning. Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pencegahan pada karang gigi? Haruskah Anda rajin berkonsultasi ke dokter atau mengatur pola makan? Jika Anda penasaran dengan pencegahan plak gigi, simak informasi berikut ini.

1.  Rutin Menyikat Gigi

Cara Mencegah Terbentuknya Karang Gigi

Ketika Anda membicarakan tentang kesehatan gigi dan mulut, Anda pasti tak bisa lepas dengan yang namanya kebiasaan menyikat gigi. Kebiasaan yang biasa dilakukan saat mandi atau sebelum tidur ini perlu Anda lakukan secara rutin jika Anda ingin mencegah karang gigi bersarang pada gigi putih Anda. Cara mencegah karang gigi dengan menyikat gigi ini tentunya harus Anda lakukan setiap hari. Setidaknya saat Anda mandi, setelah makan, dan sebelum tidur. Yang bisa Anda lakukan, Anda hanya perlu menyikat gigi dari atas ke bawah supaya sisa-sisa makanan yang menempel di gigi bisa terlepas dan tidak menyebabkan plak pada gigi.

2. Kumur Dengan Obat Berkumur Alami

Cara berikutnya yang bisa anda gunakan adalah berkumur dengan menggunakan obat kumur atau mouthwash berbahan alami. Berkumur ini juga tidak boleh dilakukan dengan asal yakni menggunakan air biasa. Sisa makanan yang masih tertinggal sesudah menggosok gigi bisa dihilangkan dengan cara berkumur air yang sudah dicampur dengan garam atau air rebusan daun sirih sebab kedua bahan ini mengandung anti bakteri yang bisa membasmi kuman lebih baik lagi.

3. Kurangi makanan dan minuman manis

Bakteri yang ada di mulut sangat erat kaitannya dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Mereka berkembang dengan baik saat makanan manis dan bertepung dikonsumsi. Bakteri akan mengeluarkan zat asam berbahaya jika bertemu dengan kedua jenis makanan di atas. Cara terbaik mengurangi kemungkinan terbentuknya karang gigi adalah dengan membatasi jenis-jenis makanan tersebut.

Baca Juga :

4. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Cara mencegah timbulnya karang gigi bisa Anda lakukan dengan cara mengontrol makanan yang masuk pada mulut. Makanan yang bisa mencegah timbulnya plak gigi adalah sayuran dan buah. Kedua tipe makanan tersebut mengandung serat yang banyak mengandung vitamin. Vitamin itulah yang bisa membantu produksi air liur yang bisa mencegah timbulnya karang pada gigi. Maka dari itu, ketika Anda ingin mencegah timbulnya karang pada gigi, konsumsi secara rutin sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan-makanan tersebut tak hanya baik untuk gigi Anda saja, tetapi juga untuk tubuh Anda.

5. Mengkonsumsi Keju

Untuk anda penggemar salah satu olahan susu yakni keju khususnya cheddar dan juga keju Swiss, anda bisa mengkonsumsi jenis keju ini sebelum mulai makan dengan tujuan menetralkan asam pada mulut yang menjadi penyebab timbulnya karang pada gigi. Semakin tua umur keju yang anda gunakan maka khasiatnya semakin baik.

Semoga informasi tentang Cara Mencegah Terbentuknya Karang Gigi di atas bisa bermanfaat bagi para pembaca, karena karang gigi dapat membuat gigi rapuh dan rusak.

Pastikan Komentar