Cara Mencegah Semut di Meja Makan Paling Mudah


SoPasti.ComSemut adalah semua serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies), sebagian besar hidup di kawasan tropika. Sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. Kali ini kita informasikan Cara Mencegah Semut di Meja Makan Paling Mudah.

Pernahkah Anda berada di situasi saat sedang lapar dan ingin makan tiba-tiba niat Anda harus tertunda lantaran melihat semut-semut mengerubungi nasi dan makanan Anda? Situasi seperti ini memang membuat kesal. Apalagi semut-semut itu tidak segera pergi dan justru menempel pada makanan Anda. Mau tidak mau Anda harus bersabar menanti semut-semut itu pergi.

Berikut Cara Mencegah Semut di Meja Makan Paling Mudah

1. Kapur Bagus

Cara menghilangkan semut di meja makan yang paling sederhana adalah menggunakan kapur Bagus. Kapur ini banyak dijual di toko maupun supermarket terdekat sehingga Anda bisa dengan mudah menemukannya.

Cara Mencegah Semut di Meja Makan Paling Mudah

Kapur Bagus memiliki bentuk yang sama seperti kapur papan tulis. Gosokkan kapur semut ini ke semua kaki meja makan. Dijamin, semut-semut tidak akan berani naik ke atas meja makan lagi! Namun, Anda harus mempertebal goresan kapur ini setiap seminggu sekali agar tetap berkhasiat untuk menghalau semut yang hendak naik ke meja makan.

2. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis (Lat Citrus aurantifolia; Famili: Rutaceae) merupakan jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia Dan Amerika Tengah dikenal juga sebagai jeruk pecel. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3—6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil.

Ada banyak cara menyimpan makanan dari semut tanpa menggunakan pestisida, salah satunya adalah dengan mengandalkan jeruk nipis. Dengan bahan alami dan tidak beracun ini, Anda bisa menyimpan makanan di atas meja makan dengan tenang tanpa khawatir tercemar dengan racun pestisida.

Jeruk Nipis Cara Mencegah Semut di Meja Makan Paling Mudah

Cara menghilangkan semut di meja makan dengan menggunakan jeruk nipis adalah dengan memotong buah tersebut menjadi dua bagian. Kemudian, peras air jeruk nipis tersebut dan oleskan di setiap kaki meja makan.

Setelah selesai, Anda boleh menggosok bagian dalam jeruk nipis ke kaki-kaki meja makan. Semut sangat tidak menyukai aroma dan rasa jeruk nipis yang sangat kuat, sehingga mereka tidak akan berjalan melewati kaki-kaki meja makan Anda.

3. Minyak Kayu Putih

Minyak tanah sejatinya dapat mencegah semut naik ke meja makan. Akan tetapi, aroma khas minyak tanah dapat mengganggu selera makan Anda. Oleh karena itu, gunakan bahan lain yang lebih “ramah” terhadap indera penciuman Anda, yaitu minyak kayu putih.

Minyak kayu putih (cajuput oil, oleum-melaleuca-cajeputi, atau oleum cajeputi) dihasilkan dari hasil penyulingan daun dan ranting kayu putih (M. leucadendra). Minyak atsiri ini dipakai sebagai minyakpengobatan, dapat dikonsumsi per oral (diminum) atau, lebih umum, dibalurkan ke bagian tubuh.

Semut sangat tidak menyukai aroma minyak kayu putih yang sangat khas dan kuat. Manfaatkan hal ini untuk menghilangkan semut di meja makan. Oleskan minyak kayu putih ke setiap kaki meja makan. Semut-semut akan mengurungkan niatnya untuk naik ke meja makan Anda karena aroma minyak kayu putih ini sangat lah kuat.

Baca Juga

4. Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk mencegah semut naik ke meja makan, lho. Selain itu, aroma sabun cuci piring juga tidak mengganggu selera makan Anda.

Larutkan sabun cair pencuci piring dengan air secukupnya. Kemudian, masukkan larutan sabun cuci piring ke dalam botol semprot. Lanjutkan dengan menyemprotkan larutan sabun cuci piring ini ke setiap kaki meja. Namun, Anda harus menyemprotkannya setiap hari karena aroma sabun cuci piring ini mudah menguap.

Itulah Tips dan Cara Mencegah Semut di Meja Makan Paling Mudah dilakukan dirumah.


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar