Cara Memilih Kipas Angin yang Sesuai


SoPasti.Com – Begini Cara Memilih Kipas Angin yang Sesuai. Kipas angin adalah suatu alat yang berfungsi untuk menggerakkan udara agar berubah menjadi angin, beberapa fungsinya antara lain adalah untuk pendingin udara, penyegar udara, ventilasi (exhaust fan), dan pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas).

Tinggal di negeri beriklim tropis seringkali membuat kita mengeluhkan udara yang panas dan sinar matahari yang terik. Terkadang tubuh menjadi tidak nyaman karena gerah dan berkeringat. Beberapa pilihan penyejuk udara seperti AC dan kipas angin bisa menjadi alternatif pereda panas di ruangan Anda.

Jika Anda sedang mencari kipas angin, kami punya cara memilih agar Anda mendapatkan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Memilih Kipas Angin yang Sesuai

Berikut adalah empat cara memilih kipas angin:

1. Menentukan Jenis dan Fungsi

Cara Memilih Kipas Angin yang Sesuai

Jika Anda memiliki ruangan yang tidak terlalu luas, Anda tak perlu bingung dan menjadi enggan dalam membeli kipas angin. Pilih kipas dinding agar menghemat ruangan penempata. Kekurangan yang dimiliki kipas jenisĀ ini adalah tidak dapat dipindah-pindah karena menempel di dinding secara permanen. Jika Anda perlu kipas yang bisa dipindah-pindah, kipas angin dengan model 3-in-1 bisa menjadi pilihan karena dapat diletakkan sesuai kebutuhan, bisa ditempel di dinding, berdiri di lantai, maupun duduk di meja.

2. Sesuaikan Ukuran dengan Penempatan

Semakin luas ruangan, tentunya Anda membutuhkan kipas yang memiliki diameter yang lebih besar. Misalnya, apabila Anda memiliki ukuran ruang 6 x 4 meter maka Anda bisa memilih kipas berukuran 75 cm dan selebihnya disesuaikan dengan ukuran ruangan Anda. Hindari juga pemasangan kipas angin langsung di atas tempat tidur Anda karena sangat berbahaya. Biasanya kipas yang berada di langit-langit cocok untuk ditempatkan di tengah ruang makan atau ruang tamu.

Baca juga :

3. Periksa Fitur dan Kualitas

Kipas angin yang baik adalah yang kuat, tahan lama, dan juga memiliki beragam tingkat kecepatan putaran yang bisa diatur sesuai selera. Lihat kondisi tebal tipisnya gagang leher penyangga kipas. Pilihlah yang tebal agar menjaga kondisi kipas tetap kuat sekalipun terjatuh. Perhatikanlah juga kerja putaran kipas angin apakah bekerja dengan sempurna atau tidak. Perhatikan juga apakah ketika berputar menghasilkan suara yang bising atau tidak. Terakhir, periksa dan pilih produk yang memiliki garansi resmi sehingga jika rusak Anda mendapat tanggungan gantinya.

4. Perhatikan Daya dan Voltase

Kipas angin tetaplah barang elektronik yang juga harus diperhatikan konsumsi daya listriknya. Ketahui terlebih dahulu berapa besarnya daya listrik yang digunakan kipas tersebut kemudian pertimbangkan dan hitung kembali total kemampuan daya listrik yang terpasang di rumah Anda.

 

Itulan Cara Memilih Kipas Angin yang Sesuai. Kipas angin lebih ngirit listrik daripada mengguanakan AC. Semoga Anda tidak kepanasan lagi ya sobat!


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar