Cara Memilih Kasur yang bagus untuk tidur nyenyak


Memilih kasur untuk tidur ternyata tidak mudah. Salah memilih bisa berakibat membuat istirahat tidak nyaman, malah bisa menyakiti bagian belakang tubuh, mulai dari punggung, pinggang, hingga leher.

Biasanya pembeli ketika memilih kasur akan mendatangi toko dan melihat-lihat mana yang cocok. Kemudian pembeli akan mencoba dengan duduk di bagian pinggir kasur, sambil menimbang-nimbang keempukannya.

Jangan mencoba kasur dengan hanya duduk di pinggirannya.

Cara Memilih Kasur yang bagus untuk tidur nyenyak

time4sleep.co.uk

Pertimbangkan poin-poin dibawah ini:

 

1. Ukuran dan Ketebalan

Menyesuaikan ukuran kasur dengan tempat tidur atau penghuni yang akan menggunakan kasur tersebut adalah hal yang pertama wajib dilakukan. Jika pengguna kasur memiliki tinggi  150 cm maka harus memilih kasur dengan ukuran minimal 10 cm lebih panjang dari ukuran pemakainya untuk dapat menopang tubuh dengan sempurna. Hal berikutnya adalah ketebalan kasur. Bagi anda yang memiliki berat badan lebih atau gemuk usahakan memilih kasur yang lebih tebal dari ukuran normal untuk bisa mengendalikan berat yang ditopang oleh kasur tersebut.

2. Temperatur

Persoalan temperatur udara mungkin untuk anda tidak terlalu penting. Padahal, kenyamanan tidur juga ditentukan oleh faktor tersebut. Pilihlah kasur yang sesuai dengan suhu dalam ruangan tidur anda atau tempat dimana kasur tersebut diletakkan. Biasanya, kelalaian akan hal ini dapat berakibat lembabnya kasur saat berada di suhu yang tidak sesuai yang akan menjadi masalah baru untuk kulit anda. Bahkan selain masalah kulit, kelembaban pada kasur bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius seperti masalah pernapasan dan jantung.

3. Bahan

Bahan yang umum digunakan untuk kasur adalah latex. Bagi anda yang memiliki alergi kulit tertentu hendaknya meneliti dulu kesesuaian jenis bahan untuk kasur anda dengan jenis kulit anda untuk menghindari alergi di kemudian hari

4. Harga

Nah, untuk yang satu ini pasti menjadi hal yang kali pertama anda perhatikan. Harga menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi wanita saat berbelanja suatu barang. Perlu diingat bahwa harga selalu sebanding dengan kualitas. Maka, untuk memilih dan membeli kasur impian anda jangan pernah tertarik dengan harga yang murah karena kualitas belum tentu bagus. Namun, bukan berarti harus buru-buru mencari harga yang tinggi lho! Lebih baik amati dulu kualitas kasur kemudian cobalah tawar harga yang disematkan pada kasur incaran anda.

5. Brand

Cara Memilih Kasur yang bagus untuk tidur nyenyak
Lean Digital Systems

Baca Juga : Pantangan Asam Urat tinggi, Hindari makanan berikut ini

Saat ini sudah banyak beredar merk kasur yang tidak kalah kualitasnya jika dibandingkan dengan sesamanya. Ya, dalam tahap ini anda harus memastikan brand yang mungkin lebih berpengalaman menyediakan bahan kebutuhan rumah tangga seperti kasur. Beberapa merk yang bisa jadi andalan adalah American Bed, Comforta Bed dan sebagainya bisa anda pertimbangkan untuk menjadi pilihan.

6. Sesuaikan Kebutuhan

Bagi anda yang masih single ada baiknya untuk memilih kasur dengan ukuran yang sama. Atau dengan kata lain menyesuaikan kebutuhan tempat tidur anda. Selain menghemat biaya, cara ini juga bisa menyesuaikan dengan ruangan di rumah anda.

7. Garansi

Perhatikan tentang garansi baik dari took maupun dari pusat brand kasur tersebut. Garansi yang baik untuk sebuah kasur adalah diatas lima tahun. Oleh sebab itu, segera tanyakan dengan jelas mengenai garansi yang diberikan pada pembeli beserta syarat dan ketentuannya untuk menjaga anda dari kerugian di waktu yang akan datang.

8. Tempat Servis

Mengetahui tempat servis atau pelayanan perbaikan jika kasur yang anda incar rusak adalah hal penting. Jangan sungkan untuk bertanya pada toko yang menjual tentang lokasi servis untuk brand atau merk kasur yang akan anda beli. Tindakan ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu anda tengah membutuhkan jasa servis kasur yang sudah berpengalaman. Tempat servis dibutuhkan untuk mengantisipasi kerusakan yang kemungkinan terjadi mulai dari kulit kasur yang robek atau bagian dalam kasur yang mengalami keruskan alat pegas.

9. Usia Kasur

Pastikan anda menanyakan hal ini pada penjual atau sales yang sedang bertugas. Bisanya, untuk kasur yang berukuran besar dan kualitas yang baik, bisa bertahan hingga 15 tahun. Berbeda lagi jika kasur tersebut adalah jenis brand KW atau imitasi, maka hanya akan bertahan kurang dari 6 tahun saja. Secara otomatis, memilih yang sedikit lebih mahal bisa jadi mebuat anda semakin berhemat nantinya.

10. Referensi

Sebelum menuju ke tempat grosir atau penjualan kasur, alangkah baiknya nda mencoba untuk mencari refernsi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber. Memanfaatkan internet sebagai media anda mencari informasi terkait hal tersebut sangat dianjurkan.


Pastikan Komentar