Cara Membersihkan Kompor Di Rumah Paling Mudah


SoPasti.Com – Kompor (dari bahasa Belanda: komfoor) adalah alat masak yang menghasilkan panas tinggi. Kompor mempunyai ruang tertutup / terisolasi dari luar sebagai tempat bahan bakar diproses untuk memberikan pemanasan bagi barang-barang yang diletakkan di atasnya. Sebelum membahas Cara Membersihkan Kompor Di Rumah Paling Mudah. Inilah sejarah kompor.

Saat peradaban manusia dimulai, manusia sudah banyak yang mengenal api untuk mengolah makanan mentah menjadi makanan yang matang. Bangsa Timur (China, Korea, dan Jepang), sudah lebih dulu mengenal kompor (lebih tepatnya tungku) daripada bangsa barat. Tungku api sudah ada di China sejak jaman Dinasti Qin (221-206/207 SM) dan terbuat dari tanah liat. Desainnya mirip dengan kamado di Jepang pada periode Kerajaan Kofun di abad 3 sampai 6. Kamado sendiri mempunyai bentuk kotak persegi yang mengurung api dengan lubang di atasnya untuk menaruh panci, dan mempunyai tinggi sekitar lutut orang dewasa. Bahan bakarnya kayu atau batubara yang dimasukkan dari lubang di bagian depan. Kamado berkembang dan terus digunakan hingga periode Kerajaan Edo (1603-1867).

Asal usul dan sejarah singkat adanya kompor

Penduduk Eropa pada abad pertengahan, masih memasak secara terbuka dengan kayu bakar. Berkembang kemudian dengan membuat lantai yang lebih rendah untuk memasak. Selanjutnya dikenal juga memasak menggunakan perapian dari susunan batu. Perapian kemudian dibuat setinggi pinggang dilengkapi cerobong asap. Dengan cara ini memasak bisa dilakukan sambil berdiri. Panci memasak diletakkan persis di atas api, digantung dengan tiang atau kaki tiga. Untuk mengatur panas tinggal menaikkan atau menurunkan posisi panci. Kompor minyak tanah portabel pertama kali dikenalkan tahun 1849 oleh Alexis Soyer.

Kompor ini bertekanan udara yang dicampur dengan minyak tanah (mirip dengan kompor pedagang kaki lima jaman dulu). Sedangkan kompor yang lainnya adalah kompor minyak tanah yang tidak bertekanan karena menggunkan sumbu kompor. Namun tidak diketahui secara pasti kapan kompor ini ditemukan. Kompor gas pertama kali dibuat pada tahun 1820, namun masih dalam bentuk eksperimen dan bersifat rahasia. Baru benar-benar muncul pertama kali pada World Fair di London tahun 1851. Mulai tahun 1880 kompor gas semakin dikenal masyarakat luas dan berkembang secara komersial, walaupun agak terhambat karena pertumbuhan jaringan pipa yang lamban.

Pada 20 September 1859, George B. Simpson di Washington DC, Amerika Serikat mematenkan kompor listrik yang menggunkan pemanas dari kumparan. Prinsipnya, energi listrik diubah menjadi energi panas lewat kumparan. Seiring perkembangan jaman, di tahun 1970 muncul ide untuk menggantikan kumparan kawat dengan glass-caramic, sehingga kompor termuktahir saat ini tidak berbau, berasap, dan ringkas.

Seperti itulah asal usul dan sejarah singkat adanya kompor. Nah sekarang kita akan membagikan cara-cara mudah membersihkan kompor di rumah anda.

Cara Membersihkan Kompor Di Rumah Paling Mudah

Cara Membersihkan Kompor Di Rumah Paling Mudah

Sebaiknya Anda membersihkan noda minyak di kompor anda minimal dua kali sebulan. Berikut ini cara membersihkan noda minyak pada kompor.

– Lepaskan tungku terbuka dan rendam dalam ¼ cangkir amonia selama beberapa jam. Kenakan sarung tangan saat anda membersihkan tungku dengan larutan amonia ini. Lalu setelah itu bilas dengan air.

– Taburkan baking soda di atas kompor Anda dan kemudian menyemprotkan air panas di atasnya. Tunggu selama 30 menit dan kemudian gosok untuk menghilangkan minyak.

– Copot semua bagian yang dapat dilepas dari kompor dan rendam dalam air sabun hangat selama satu jam. Gosok dengan sikat gigi tiap bagian tersebut. Setelah itu mulai pasang masing-masing bagian tersebut. Tapi pastikan bagian-bagian tersebut benar-benar kering sebelum anda gunakan kembali untuk memasak.

Baca Juga :

Cara Membersihkan Kompor Tersumbat

– Lepaskan dudukan alat masak dari kompor, kemudian bersihkan kotoran yang menempel pada dudukan alat masak tersebut dengan lap basah yang telah dicelupkan ke dalam air yang telah bercampur sabun cuci piring bila perlu sikat sampai bersih dan dibilas. keringkan dengan kain lap atau dijemur dibawah sinar matahari.

– Lepaskan besi tempat keluarnya api (bentuknya bundar dan pinggirannya bergigi). lalu bersihkan.

– Lepaskanlah bagian kompor yang berfungsi menyalurkan gas dari pemantik ke besi tempat keluarnya api, cara melepasnya adalah dengan melepaskan pengunci yang terbuat dari kawat, setelah itu angkatlah bagian penyalur tadi ke atas dan ditarik ke arah belakang kompor. cara membersihkannya dengan spon lembut yang diberi cairan cuka dapur, boleh juga dengan sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon. lalu semprot dengan air ke dalam kedua lubang yang ada di masing masing ujungnya agar kotoran yang ada di dalam ikut terangkat.

– Pasang kembali semua komponen kompor seperti semula. coba nyalakan, sekarang kompor anda menjadi sempurna dan terlihat bersih seperti baru.

– Bersihkanlah badan kompor dengan lap kering untuk membersihkan kotoran yang tebal kemudian bersihkan dengan lap lembab yang telah diberi cairan cuka dapur, boleh juga dengan sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon agar lemak dan sisa minyak terangkat.

Cara Membersihkan Kompor Agar Tetap Awet

Cara Membersihkan Kompor Di Rumah Paling Mudah

– Membersihkan Alat Pembakar Pada Gas Burner

Tunggu kompor gas anda dingin jika panas setelah memasak, agar tangan anda tidak terluka dan terhindar dari panas. Sediakan baskom dengan sedikit air panas dan masukkan sedikit bahan pencuci piring ke dalam baskom hingga berbusa. Lepaskan alat pembakar pada permukaan kompor gas anda dan tempatkan dalam air yang telah di beri sabun untuk direndam selama beberapa menit atau sampai kotoran yang ada dapat dengan mudah dibersihkan.

Gunakan kain pembersih untuk membersihkan alat pembakar pada permukaan, setelah itu rendam beberapa menit. Gunakan jarum atau peniti untuk membersihkan alat pembakar agar pemancar api dapat memancar dengan lancar. Bilas atau siram alat pembakar dengan air panas secara menyeluruh. Letakkan alat pembakar gas burner anda dengan cara terbalik agar air di dalamnya dapat mengalir keluar dengan mudah dan tidak mengendap di dalamnya, setelah itu lap dengan lap kering dan bersih. Setelah di bersihkan pasang kembali alat pembakarnya di atas permukaan kompor gas anda.

– Membersihkan Tungku Kompor Gas

Isi baskom dengan air hangat yang telah di tambah sabun pencuci piring yang sudah berbuih. Lepaskan tungku pada gas burner anda di setiap masing gas burner. Gunakan spon yang lembut untuk membersihkan kotoran pada gas burner anda. Pasta baking soda merupakan cara ampuh untuk menghilangkan kotoran yang susah untuk dihilangkan. Bilas atau siram tungku dengan air hangat dan keringkan dengan kain bersih.

– Membersihkan Permukaan Kompor Gas (gas burner)

Lepaskan tungku dan letakkan di tempat yang aman. Angkat dan bersihkan kotoran-kotoran yang menempel sisa dari memasak. Semprot semua permukaan gas burner dengan menggunakan semprotan yang telah di isi air hangat dan campuran sabun cuci piring. Gunakan spon bersih dan lembut untuk membersihkan semprotan. Gosok perlahan jika kotoran tersebut susah dibersihkan. Gunakan kain bersih yang lembut untuk mengeringkannya. Tempatkan kembali tungku gas burner anda yang telah dibersihkan.

Baca Juga :

Cara Membersihkan Karat Pada Kompor

– Terlebih dahulu larutkan satu sendok makan asam sitrat ke dalam satu gelas air panas (sekitar 100 cc). Atau jika tidak ada asam sitrat buatan pabrik maka anda dapat menggantinya dengan asam sitrat alami yang terdapat dalam buah dan daun jeruk.

– Setelah larutan asam sitrat siap, rendam burner kompor anda dalam larutan selama 2 – 4 jam. Setelah direndam, sikat burner dengan sikat gigi bekas atau sikat halus sampai warna asli burner kembali. Bilas dan keringkan dengan segera air bekas bilasan.

– Kompor gas anda akan berkilau kembali bersih dari karat dan noda.

Tips Cara Mudah Membersihkan Kompor

– Gunakan air panas

Air panas bisa membantu mengangkat kotoran dan kerak yang membandel. Lepas selang dan semua tatakan kompor, kemudian tempatkan kompor pada bak besar. Siram dengan air mendidih hingga kompor terendam, diamkan selama 10-15 menit dan angkat. Gosoklah kompor menggunakan busa hingga merata dan lap hingga kering.

– Gunakan Baking soda

Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta, lalu oleskan secara merata pada kompor. diamkan sebentar, lalu bersihkan dengan lap basah. Dijamin kotoran dan sisa minyak akan hilang dengan cepat.

– Gunakan cuka apel atau jeruk nipis

Teteskan cuka apel pada badan kompor hingga merata. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bersihkan dengan lap basah. Jika tidak ada cuka, anda bisa menggantinya dengan jeruk nipis, potong menjadi dua dan gosokkan secara merata pada badan kompor. Air jeruk nipis dapat mengatasi lemak dan noda membandel pada kompor.

– Gunakan tepung terigu

Kompor gas Anda akan terbebas dari lemak dan cipratan minyak dengan mudah. Caranya dengan menaburkan tepung terigu pada badan kompor yang terkena cipratan minyak. Lalu bersihkan dengan lap kering hingga kompor bersih. Tepung terigu sangat efektif membersihkan minyak dan lemak membandel pada kompor.

Itulah Cara Membersihkan Kompor Di Rumah Paling Mudah. Jaga juga peralatan dapur lainnya.


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar