Cara Ganti URL Link Konten WordPress Dengan Cepat – Jika Anda memindahkan website WordPress Anda dengan nama domain baru, atau semisal anda sudah membuat situs anda secara offline dan sudah memasukkan data-data gambar dalam situs tersebut lalu anda ingin melaunching situs anda, maka URL dan link gambar masih akan tetap mengarah ke localhost.

Jika Anda mengganti domain lama ke yang baru, Anda akan menemukan bahwa link internal ke halaman dan referensi gambar URL nya tidak diperbarui. Sebaliknya, link dan referensi ini akan mengarah ke nama domain lama Anda.

Daripada Anda mengedit satu persatu, tentu itu akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga, terlebih jika Anda memiliki URL yang banyak dan harus diganti. Untuk mengatasi hal tersebut, saya akan memberikan sebuah solusi mudah dengan menggunakan plugin Velvet Blues Update URL.

Loading…

Plugin Velvet Blues Update URL ini melakukan perbaikan masalah tersebut dengan membantu Anda mengubah url lama anda dan link dalam website Anda ke URL baru yang anda inginkan secara bersamaan dengan sekali klik.

Selain hal diatas, masih banyak lagi kegunaan dari plugin ini, Anda dapat ganti URL link dalam konten secara bersamaan dengan waktu yang cepat tanpa perlu mencari dan mengedit satu persatu url yang akan Anda ganti di WordPress.

Baca : Cara Mengganti Nama Email Default WordPress

Cara Ganti URL Baru di Konten Dengan Cepat

Pada artikel sebelumnya saya memberikan tutorial Memperbaiki Link Gambar Setelah Migrasi WordPress, tapi di tutorial tersebut menggunakan cara dengan masuk ke phpmyadmin yang tentunya akan terasa lebih sulit, tapi pada artikel ini saya akan meunjukkan kepada anda cara memperbaiki link gambar dengan mudah, karena tutorial ini menggunakan plugin (apa itu plugin?) yang kebanyakan lebih suka digunakan oleh pengguna WordPress.

Penggunaan plugin ini hanya saat anda butuhkan, jika setelah selesai penggunaan anda bisa langsung uninstall plugin, sehingga tidak memberatkan situs anda lagi. Penggunaan plugin ini tentunya juga lebih praktis.

Yang perlu anda lakukan adalah dengan menginstall plugin Velvet Blues Update URL, setelah itu anda aktifkan. Setelah anda menginstall dan mengaktifkan plugin tersebut anda akan mendapati menu baru Update URLs di menu Tools.

Loading…

Cara Ganti URL Link Konten WordPress Dengan Cepat

Pada gambar diatas anda akan melihat dua kolom, anda bisa memasukkan url lama anda pada (old URL) dan mengganti url baru pada bagian kolom bawah (New URL). Sebagai contoh : URL lama (http//www.centerklik.com) di ganti URL baru (http://test.centerklik.com)

Setelah itu anda lakukan klik pada tombol Update URLs NOW, dengan begitu url gambar anda akan otomatis berganti dengan URL yang baru anda masukkan. Sebaiknya sebelum melakukan penggantian url secara masal, Anda backup terlebih dahulu website dan database Anda.

Baca : Cara Mencari Broken Links Di WordPress

Plugin Velvet Blues Update URLs juga dapat mengganti URL yang berada di tengah dengan sangat baik. Sebagai contoh saya dalam situs centerklik, baru saja mengganti permalink yang sebelumnya /%category%/%postname%/ dengan /%postname%/.

Dengan melakukan perubahan tersebut, maka akan banyak link dalam artikel yang masih menggunakan struktur URL lama yaitu /%category%/%postname%/. Dengan struktur URL berbeda seperti tersebut maka plugin ini masih tetap bekerja dengan baik.

  • Semisal saya ingin mengganti url https://www.centerklik.com/cms/wordpress/merubah-url-link-konten-wordpress-dengan-cepat/

Menjadi

  • https://www.centerklik.com/merubah-url-link-konten-wordpress-dengan-cepat/,
  • Maka saya harus menghilangkan link /cms/wordpress/
  • Dengan cara mengisi kolom URL lama pada old URL dengan https://www.centerklik.com/cms/wordpress/
  • Dan mengisi kolom URL baru dengan https://www.centerklik.com/,
  • Maka otomatis URL ditengah akan dihilangkan dan sekarang menjadi https://www.centerklik.com/merubah-url-link-konten-wordpress-dengan-cepat/.

Fitur:

  • Pengguna dapat memilih untuk memperbarui link tertanam dalam konten, exceprts, images atau kolom kustom
  • Pengguna dapat memilih apakah akan memperbarui link untuk lampiran
  • Pengguna dapat melihat berapa banyak item yang diperbarui

Diatas adalah penjelasan lengkap mengenai plugin Velvet Blues Update URL dan juga cara penggunaanya, plugin ini akan sangat berguna ketika Anda ingin mengganti URL dengan cepat di berbagai tempat di situs WordPress Anda baik di post, page, gambar dan widget. Silahkan mencoba dan semoga berhasil. 🙂

Baca : Cara Setting Plugin SEO Smart Links WordPress

Loading…

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

About The Author

via centerklik