Di saat pandemi saat ini Pemerintah Indonesia mewajibkan warganya untuk melakukan Vaksinasi Covid-19 untuk menciptakan Herd immunity yang artinya Kekebalan Kelompok. Setelah itu kita akan mendapatkan bukti berupa sertifikat vaksin yang dapat diunduh dan dicetak bla diperlukan.

Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin serta Ukuran Cetaknya

Bahkan syarat perjalanan di waktu PPKM darurat diberlakukan salah satunya harus menunjukkan bukti kalau sudah melakukan vaksinasi. Bahkan Beberapa pusat perbelanjaan juga mengharuskan konsumennya memperlihatkan bukti vaksinasi.

Meskipun Pemerintah sendiri sudah memberitahukan kalau sertifikat vaksin bukanlah syarat untuk proses administrasi apapun, Namun banyak masyarakat yang berbondong-bondong melakukan vaksinasi karena takut di suatu hari nanti ada syarat khusus pengurusan administrasi menggunakan bukti sertivikat vaksin.

Setelah melakukan proses Vaksinasi pertama, peserta akan memperoleh pemberitahuan via SMS dari nomor resmi 1199 yang didalamnya berisi Link tautan ke situs PeduliLindungi.id

Untuk SMS pertama kali peserta mendapat SMS yang berisi Nama peserta, Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan informasi tempat dan waktu waksinasi kedua dilakukan. Sedangkan sesudah vaksinasi kedua dilakukan, nantinya SMS akan berisi Nama, NIK dan tautan untuk download sertifikat vaksinasi.

Cara Cek Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Ada Dua cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah sertifikat vaksinasi Covid-19 sudah ada atau belum, yaitu langsung mengakses halaman situs PeduliLindungi.id atau melalui Link yang disertakan dalam SMS dari Nomor 1199.

Baca juga:  10 Kode Rahasia di HP Samsung Galaxy J7 yang wajib diketahui!

Cek Sertifikat Vaksin di Peduli Lindungi

Pastikan sudah mendaftar dan memiliki akun di situs Peduli Lindungi (Cara daftar kami sertakan di bawah).

Kemudian buka aplikasi browser, bisa di Laptop atau smartphone. Browser bisa menggunakan Chrome, Firefox, Opera atau peramban bawaan smartphone.

Masuk ke website berikut Pedulilindungi.id kemudian pada halaman beranda ada pemberitahuan “Periksa Status Anda Dalam Program Vaksinasi COVID-19”, Tulis Nama lengkap dan NIK anda.

Lalu centang kolom “Sya bukan robot” dan klik tombol Periksa. Bila data ditemukan, maka gambar sertifikat akan muncul dan untuk mendownload-nya bisa menekan tombol Unduh Sertifikat.

Cek Sertifikat Vaksinasi Lewat SMS

Hampir sama seperti cara diatas, Namun cara ini lebih efektif karena kita tidak perlu mengetikkan alamat di browser.

Buka SMS yang didapat dari nomor 1199 setelah melakukan vaksinasi kedua. Kemudian klik tautan Link yang disertakan di dalam pesan tersebut.

Otomatis kita akan diarahkan ke halaman situs Peduli lindungi dan muncul sertifikat, Silahkan mengunduhnya atau melakukan screenshot untuk disimpan di memori smartphone maupun mencetaknya.

Baca juga:  Cara Berbagi Internet HP Samsung J2 Prime ke Laptop

Berapa ukuran cetakan kartu sertifikat vaksin Covid-19 ?, Ukurannya sebesar kartu Tanda penduduk atau SIM. Peserta bisa mencetak menggunakan kertas foto atau yang hard paper yang lebih tebal dan melaminasi-nya supaya awet bila diperlukan.

Bilapun tidak mencetak kartu vaksinasi tidak menjadi masalah, karena kita bisa menyimpan file gambarnya di memori ponsel. Bahkan bila tidak mencetakpun juga tidak masalah, hanya bila diperlukan saja tinggal mengakses halaman Peduli Lindungi dan disana akan tertera data sertifikat lengkap dengan kode QR yang bisa dipindai.

Cara Daftar akun Peduli Lindungi

Seperti yang admin sampaikan diatas, untuk bisa download sertifikat Vaksinasi Covid, peserta diwajibkan melakukan registrasi dahulu untuk mendapat akun di website Peduli Lindungi. Adapun langkah-langkah mendaftarnya sebagai berikut.

  1. Buka browser di Laptop atau smartphone
  2. Masuk ke situs pedulilindungi.id dan tekan tombol Login/register di pojok atas
  3. Akan ada pemberitahuan apakah sudah memiliki akun PeduliLindungi, Klik “Buat akun PeduliLindungi
  4. Kita bisa mendaftar dengan alamat Email atau Nomor Telepon
  5. Lebih mudah menggunakan nomor telepon saja, Masukkan Nama lengkap dan nomor telepon yang anda gunakan sewaktu mendaftar vaksinasi
  6. Kemudian centang kolom “Saya menerima segala isi dan syarat penggunaan dan kebijakan privasi” dan klik Daftar
  7. Nantinya anda akan menerima kode pesan OTP dan masukkan ke kolom verifikasi
  8. Bila berhasil, maka kita akan disuruh login kembali
  9. Setelah Login berhasil, anda bisa memilih menu Sertifikat Vaksin bila ingin mendownload-nya
Baca juga:  Memperbaiki BBM selalu Menyambungkan Padahal Internet Aktif

Tampilan kartu sertifikat Vaksin meliputi keterangan Nama Peserta, NIK dan nomor Batch dan jenis Vaksin yang disuntikkan.

Unduh Sertifikat melalui Aplikasi

Bagi yang ingin mudah kita bisa menginstall aplikasi PeduliLindungi dari Google Play store, dimana cara mendaftar, Login maupun mengunduh sertifikat Vaksinasi sama seperti mengakses langsung halaman situs Peduli Lindungi seperti yang admin ulas diatas.

Harap menyimpan baik-baik data sertifikasi vaksin, jangan menyebarkan ke media sosial, baik itu berupa screenshot atau sebagian datanya tanpa melakukan sensor. Karena data NIK KTP rawan tindak penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab bila tersebar di medsos.

via gusinfo