Beginilah Cara Berobat menggunakan Kartu BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan memiliki tugas untuk menyelenggarakan jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia. Terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.

Bingung bagaimana Cara Berobat Menggunakan BPJS ini. Maka mulai sekarang anda tak perlu khawatir karena kali ini saya akan menjelaskan secara rinci mengenai prosedur apa saja yang harus dilakukan saat anda menggunakan kartu BPJS ini. Mengapa harus sesuai dengan prosedur ? Karena jika anda berobat kerumah sakit dengan cara tergesa-gesa tanpa mengetahui atau mengikuti aturan yang telah ditetapkan maka bisa saja seluruh biaya rumah sakit anda tidak ditanggung oleh pihak BPJS karena anda salah prosedur. Oleh karena itu disini saya akan memberikan cara berobat menggunakan BPJS yang benar.

Cara Berobat menggunakan Kartu BPJS Kesehatan

  • Pertama-tama berobatlah diklinik atau puskesmas terlebih dahulu yang akan menjadi faskes pertama saat anda melakukan registerasi. Dan setelah itu anda akan mendapatkan surat rujukan kerumah sakit.
  • Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan semua berkas –berkas yang dibutuhkan terkait dengan syarat berobat dirumah sakit. Contohnya seperti fotokopy surat rujukan, kartu BPJS, KTP, dan juga KK yang masing – masingnya dicopy sebanyak 4 lembar.
  • Bawalah kartu BPJS ke loket yang ada dirumah sakit. Tujuannya agar menghindari antrian panjang dan jangan lupa untuk mengambil nomor antrian.

BPJS Kesehatan

  • Setelah nomor antrian anda dipanggil kemudian lakukan registerasi dengan menyerahkan berkas yang diminta oleh pihak rumah sakit
  • Setelah anda dipersilahkan melakukan pendaftaran untuk berobat, maka sebutkan poli apa yang akan anda tuju. Contohnya seperti spesialis kulit, penyakit dalam dan yang lainnya. Lalu menunggu antrian sampai nama anda dipanggil. Sebagai tambahan informasi, sebaiknya saat anda berobat maka jelaskanlah pada dokter secara rinci tentang gejala penyakit yang anda rasakan. Agar dokter memberikan pertolongan yang terbaik untuk anda
  • Jika anda telah selesai melakukan pemeriksaan. Maka biasanya anda akan dipersilahkan untuk menuju kebagian apotek untuk mengambil obat yang sudah disarankan dokter.
  • Jika pihak apotek menanyakan syarat-syarat menggunakan kartu BPJS anda maka berikanlah berkas yang mereka minta
  • Setelah mendapatkan obat maka anda diperbolehkan pulang dan cara berobat menggunakan BPJS pun selesai.

Baca Juga : 

Itulah Cara Berobat menggunakan Kartu BPJS Kesehatan, Bila ada kendala atau masalah terkait BPJS kesehatan. Anda bisa langsung mengunjungi BPJS Center di Rumah Sakit / Fasilitas Kesehatan tersebut.