Buat Kamu yang Memiliki Masalah Gula Darah! Berikut Daftar Buah yang Dilarang Untuk Penderita Diabetes
Buah yang Dilarang Untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita sebagian penduduk bumi. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan, namun penderita diabetes dapat mencegah kambuhnya penyakit ini dengan menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat.

Buah merupakan makanan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes. Tetapi tidak semua buah aman untuk dikonsumsi, beberapa jenis buah malah akan menaikkan gula darah secara cepat, hal tersebut tentu berbahaya bagi si penderita penyakit kencing manis

Nah dengan membaca artikel ini, diharapkan kamu mengetahui buah apa saja yang dilarang untuk penderita diabetes manis ini. Yuk disimak!

Buah Ini Memiliki Kandungan Gula yang Sangat Tinggi!

1. Mangga

Buah yang Dilarang Untuk Penderita Diabetes
Buah Mangga

Rasanya yang manis dan asam menjadi kunci kenikmatan dari salah satu buah tropis ini. Namun kamu harus tahu, mangga termasuk buah yang dilarang untuk penderita diabetes, tentu saja karena kandungan glukosa nya yang terlampau tinggi.

Dalam satu buah mangga (500 gram) setidaknya 30 gram karbohidrat dan 26 gram glukosa. Kandungan tersebut terlampau tinggi apabila debandingkan dengan buah lain.

Sebaiknya penderita penyakit ini membatasi konsumsi mangga. Karena akan mengakibatkan gula darah naik secara cepat jika mengkonsumsinya terlalu banyak.

2. Pisang

Buah yang Dilarang Untuk Penderita Diabetes
Buah Pisang

Walaupun rasanya tidak terlalu manis, ternyata pisang memiliki karbohidrat yang sangat tinggi. Karbohidrat merupakan gula kompleks yang jumlahnya harus dibatasi bagi pengidap diabetes.

3. Nanas

Buah yang Dilarang Untuk Penderita Diabetes
Buah Nanas

Memiliki rasa yang manis namun termasuk buah yang dilarang untuk penderita diabetes. Dikarenakan kandungan glukosanya yang terlalu tinggi, terutama nanas yang sudah terlalu matang.

Pengidap diabetes tidak disarankan mengkonsumsi nanas. Apalagi dalam jumlah yang banyak.

Meski Dalam Jumlah Sedikit, Tidak Disarankan Mengkonsumsi Buah Ini

4. Ceri

Ceri termasuk buah yang dilarang untuk penderita diabetes, karena bisa bisa menaikkan kadar gula darah. Mengonsumsi ceri bagi pengidap diabetes maksimal 1 butir saja, tetapi banyak yang mengonsumsi ceri dalam jumlah yang banyak.

Dalam satu buah ceri mengandung hingga satu gram karbohidrat yang bisa menaikkan kadar gula darah.

5. Sawo

Buah yang Dilarang Untuk Penderita Diabetes
Buah Sawo

Teksturnya yang lembut di mulut dan rasanya terlalu manis, membuat buah ini terasa sangat nikmat namun termasuk buah yang dilarang untuk penderita diabetes. Karena dalam 100 gram buah sawo mengandung tujuh gram gula. 

Sawo juga memiliki kadar karbohidrat yang tinggi dan sangat tidak dianjurkan untuk penderita diabetes. 

6. Srikaya

Buah yang Dilarang Untuk Penderita Diabetes
Buah Srikaya

Kaya akan vitamin C, kalsium, zat besi, dan serat yang baik. Tetapi masuk dalam kategori buah yang dilarang untuk penderita diabetes.

Dalam satu buah srikaya (100 gram) setidaknya memiliki kandungan karbohidrat sebesar 23 gram. Jumlah tersebut sangat tidak baik dikonsumsi penderita diabetes.

Batasi Konsumsi Buah Ini untuk Menjaga Keseimbangan Gula Darah di Tubuhmu!

7. Pepaya

Buah yang Dilarang Untuk Penderita Diabetes
Buah Pepaya

Sebenarnya buah ini direkomendasikan untuk penderita diabetes. Namun konsumsinya harus dibatasi.

Pepaya memiliki kandungan gula dengan rata-rata 59, dan buah ini juga mengandung kadar karbohidrat dan kalori yang tinggi. Bagi pengidap diabetes, disarankan mengkonsumsi pepaya maksimal 300 gram sehari untuk menjaga keseimbangan gula dan serat didalam tubuh.

8.  Anggur

Anggur juga menjadi salah satu buah yang dilarang untuk penderita diabetes. Karena setiap 1 buah anggur memiliki kandungan karbohidrat sebesar 1 gram karbohidrat

Meskipun buah ini memiliki banyak kandungan akan serat, vitamin, dan nutrisi lainnya, buah ini mampu memperburuk kesehatan penderita diabetes. Batasi konsumsi anggur untuk menjaga kadar gula darah kamu.

Berikut merupakan buah yang dilarang untuk penderita diabetes. Sebagai pengganti, sebaiknya kamu mengkonsumsi buah seperti alpukat, pir, apel, dan jeruk.. Buah-buahan tersebut sangat baik untuk penderita diabetes

via shopee