Website – Rasa segar es kelapa muda yang diminum saat waktu berbuka puasa tentu menjadi kesukaan banyak orang. Di balik manis dan segar es kelapa muda, ternyata ada manfaat positif juga untuk tubuh kita.

Tak hanya enak diminum saat adzan maghrib di bulan Ramadan, es kelapa juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Sudah sejak lama kelapa, mulai dari buah hingga daunnya disebut memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, air kelapa yang banyak mengandung kalium cocok untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh. itulah mengapa mengonsumsi air kelapa menjadi hal yang bagus untuk kesehatan.

Berikut Indozone merangkum deretan manfaat mengonsumsi es kelapa untuk tubuh.

Baca Juga: Disebut Buah Nabi, Ini 5 Manfaat Kurma yang Menakjubkan untuk Tubuh

1. Mengandung Banyak Nutrisi

Air kelapa juga mengandung banyak nutrisi
Air kelapa juga mengandung banyak nutrisi (Pexels/Any Lane-5945745).

Di dalam sari buah kelapa yang berada di tengah terkandung setidaknya 94 persen air dan hanya sedikit lemak. Dalam 250 ml air kelapa ada sekitar 9 gram karbohidrat, 3 gram serat, 2 gram protein, 10 persen RDI vitamin c, 17 persen RDI Mangan, 17 persen RDI Kalium, dan 11 persen RDI Natrium dan 6 pesen kalsium RDI.

2. Mengurangi tekanan darah

Air kelapa yang mengandung banyak nutrisi
Air kelapa yang bisa mengurangi tekanan darah (Pexels/Idina Risk-2926079)

Beberapa studi menyebutkan jika mengonsumsi air kelapa dapat mengurangi tekanan darah. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan karena air kelapa mengandung 600 miligram kalium per porsi, maka dapat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi. 

Penelitian menunjukkan air kelapa juga dapat membantu mengurangi pembentukan gumpalan darah di arteri Anda, yang memastikan aliran darah lancar dan membantu mengatur tekanan darah.

3. Mengembalikan tenaga setelah olahraga

Jika Anda berolahraga secara teratur baik saat berpuasa, Anda bia mengonsumsi air kelapa segar saat berbuka puasa. Air kelapa bagus untuk mengisi kembali elektrolit dalam tubuh yang hilang selama latihan yang intens.

4. Kesehatan jantung

Eksperimen terbaru menunjukkan minum air kelapa dapat membantu mengurangi kolesterol darah dan trigliserida. Dalam sebuah penelitian, tikus yang minum air kelapa mengalami penurunan kolesterol dan trigliserida darah yang signifikan. Studi tersebut menemukan manfaat minum air kelapa sebanding dengan efek statin, kelas obat penurun lipid yang populer.

5. Sumber hidrasi yang baik

Minum air kelapa dapat membantu orang yang sakit meningkatkan tingkat hidrasi dalam tubuh mereka. Penyakit yang mengakibatkan muntah dan diare menyebabkan kita kehilangan cairan dengan cepat, yang berarti tubuh kita cepat dehidrasi. Air kelapa dapat membantu mengisi kembali kandungan cairan yang hilang.

Artikel Menarik Lainnya:

via indozone