April 2021, Cadangan Devisa RI US8,8 M, Tertinggi Sepanjang Sejarah!

Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa (CADEV) pada akhir April 2021 sebesar US$138,8 miliar. Angka ini adalah rekor tertinggi sepanjang Indonesia merdeka.

“Posisi cadangan devisa (CADEV) Indonesia pada akhir April 2021 tercatat sebesar US$138,8 miliar, meningkat dibandingkan dengan posisi per akhir Maret 2021 sebesar US$137,1 miliar. Posisi cadangan devisa (CADEV) tersebut setara dengan pembiayaan 10 bulan impor atau 9,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” pada keterangan tertulis BI.

Kenaikan cadangan devisa (CADEV) pada bulan lalu dicatatkan oleh penerimaan pajak dan jasa serta penarikan pinjaman luar negeri pemerintah. Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa (CADEV) tetap dapat memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendukung serta mendorong pemulihan ekonomi.

“Bank Indonesia (BI) menilai cadangan devisa (CADEV) tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” pada keterangan BI.

Sumber: Cadangan Devisa RI US$ 138,8 M, Tertinggi Sepanjang Sejarah!, dengan perubahan seperlunya.

via ajaib