Team OGS, atau Overclocked Gaming Systems, mencapai rekor dunia baru dengan AMD RX 6900 XT. Overclocker asal Yunani mampu mendorong kartu ke 3.3GHz, kecepatan clock tercepat yang pernah ada untuk kartu grafis. Pencapaian tersebut terjadi kurang dari sebulan setelah rekor dunia sebelumnya dibuat oleh Der8auer, yang mencapai kecepatan 3,2GHz pada kartu PowerColor Liquid Devil Ultimate yang sama.

Grup ini dapat mencapai kecepatan seperti itu berkat GPU Navi 21 XTXH. Awalnya, GPU Navi 21 di dalam 6900 XT memiliki batas clock 3.0GHz. Varian XTXH yang diperbarui meningkatkan batas hingga 4.0GHz, menawarkan lebih banyak ruang untuk dimanfaatkan oleh para overclocker ekstrem.

Tim OGS menggunakan GPU PowerColor Liquid Devil Ultimate pada rig LN2, seperti Der8auer. Liquid Devil adalah yang termutakhir seperti yang didapat kartu grafis, dikirimkan dengan GPU binned untuk kinerja maksimal, desain 14 + 2 VRM, dan tiga konektor daya 8-pin. Itu juga dilengkapi dengan blok air yang sudah diinstal sebelumnya, tetapi Tim OGS dan Der8auer menghapus blok tersebut untuk mendinginkan kartu dengan nitrogen cair.

Di luar kartu, Tim OGS menggunakan CPU AMD Ryzen 9 5950X yang di-overclock ke 5.6GHz dan motherboard Asus ROG Crosshair VIII Dark Hero. Mencapai 3,3GHz adalah prestasi tersendiri, tetapi OGS menjalankan rig melalui 3DMark Fire Strike Extreme untuk menawarkan beberapa angka kinerja teoritis untuk rig gila tersebut.

Hasilnya, sudah jelas, sama-sama gila. 6900 XT mencapai skor grafis 41.069, dan rig secara keseluruhan memperoleh skor gabungan 37.618. Untuk konteksnya, hasil tersebut lebih baik dari 99% dari yang lainnya. Karena masalah software, hasilnya tidak valid, jadi tidak akan muncul di papan peringkat resmi Fire Strike Extreme.

Jika valid, mereka akan menempati peringkat kedelapan, tepat di bawah rig yang menggunakan empat kartu grafis Nvidia Titan X di SLI.

6900 XT adalah kartu grafis tercepat yang ditawarkan AMD saat ini, dan rekor dunia baru menunjukkan betapa mampunya arsitektur RDNA 2. Ini mungkin bukan terakhir kalinya kita melihat 6900 XT memecahkan rekor.

via Pemmzchannel