Hasil pangsa pasar CPU Mercury Research untuk kuartal kedua tahun 2021 menunjukkan hasil yang menarik. AMD dikabarkan mengalami peningkatan pangsa pasar di lini bisnis CPU secara umum, sedangkan Apple Silicon mengalami peningkatan yang sehat.

Disebutkan bahwa AMD saat ini semakin kehilangan pangsa di kategori PC desktop karena memprioritaskan produksi SKU dengan margin yang lebih tinggi seperti meningkatkan chip server dan notebook, sehingga meningkatkan pangsa pendapatannya secara keseluruhan.

Di sisi lain, CPU Apple Silicon M1 berhasil mendapatkan traksi yang sangat tinggi. Bahkan, penjualan perangkat berbasis SoC M1 bisa menyaingi laptop berbasis Chrome yang memiliki penjualan yang besar.

“Berdasarkan dari perkiraan dimana ARM memiliki sekitar 7 persen pangsa prosesor PC, jika mereka dimasukkan dalam perhitungan pangsa pasar, pangsa pasarnya naik dari sekitar 5 persen kuartal terakhir dan kurang dari 2 persen tahun lalu,” kata Dean McCarron dari Mercury Research.

Ada banyak pergerakan di sisi pasar x86 juga. AMD memiliki akses ke jumlah kapasitas produksi yang terbatas, sehingga perusahaan terus fokus untuk memproduksi produk dengan margin tertinggi, yang menyebabkan perusahaan kehilangan 2,3 poin persentase dari pasar PC Desktop, mendarat di 17,1% pangsa segmen umum.

Namun, regresi tersebut mungkin tidak bermasalah seperti yang muncul di beberapa waktu lalu karena pergeseran AMD untuk memproduksi chip yang mahal, yang menghasilkan lebih banyak keuntungan.

AMD juga dengan jelas memprioritaskan produksi chip notebook-nya karena memperoleh 1,9 poin persentase untuk membawa pangsa pasar kategori unit laptopnya hingga 20%, merebut kembali beberapa bagian yang hilang di kuartal sebelumnya.

Hal-hal bahkan lebih cerah untuk bisnis server AMD. Menurut Mercury Research, AMD dan Intel melihat pertumbuhan unit lebih dari 10% selama kuartal tersebut. AMD memperoleh penambahan pangsa pasar selama periode ini, mencapai 9,5%, yang merupakan pencapaian tertinggi mereka untuk beberapa waktu terakhir.

via Pemmzchannel