Allopurinol, obat penurun asam urat


SoPasti.Com – Allopurinol adalah salah satu obat penurun asam urat. Asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian. Hal ini didasari oleh kandungan purin dalam tubuh yang terlalu tinggi. Purin sendiri banyak ditemukan dalam makanan tertentu yang dikonsumsi. Karena itu penting sekali untuk bisa menjaga pola makan dan minum. Saat purin dalam tubuh sudah terlalu tinggi, maka terjadilah pembentukan kristal asam urat yang menyebabkan rasa nyeri, memar, bengkak bahkan peradangan pada persendian. Jika sudah seperti itu, maka satu-satunya cara adalah mengobati asam urat.

Baca Juga : Bintitan, Timbilen itu apa sih?

Allopurinol adalah obat kimia yang bisa menurunkan kadar asam urat secara medis dan juga cepat. Obat yang satu ini juga bisa mengobati penyakit ginjal. Biasanya Allopurinol berbentuk tablet, dapat digunakan oleh anak-anak dan dewasa. Allopurinol merupakan obat generik serta mengandung 100 mg per tabletnya. Anjuran mengonsumsi obat ini untuk dewasa sebanyak 100-600 mg per hari dan untuk anak-anak sebanyak 10-20 mg per hari. Disesuaikan dengan dosis yang telah diberikan dokter.

Obat Penurun asam urat

Allopurinol bekerja terhadap katabolisme purin, tanpa mengganggu biosistesis purin. Allopurinol menurunkan produksi asam urat dengan menghambat reaksi biokimia sesaat sebelum pembentukan asam urat.

Adapun efek samping bila Anda mengonsumsi obat ini secara terus menerus adalah:

Efek samping

  1. Terjadi alergi pada kulit seperti kulit merah, bengkak, dan nyeri yang disertai rasa panas.
  2. Vertigo dan sakit kepala.
  3. Gangguan pada saluran pencernaan seperti mual dan diare.
  4. Nyeri atau perdarahan saat buang air kecil.
  5. Nyeri otot.
  6. Demam disertai flu dan sakit tenggorokan.
  7. Perdarahan pada hidung, mulut, dubur dan vagina.

Baca juga :

ATURAN PAKAI: 

Dewasa: dosis awal: 100-300 mg sehariDosis pemeliharaan : 200-600 mg sehariDosis tunggal maksimum 300 mg. Bila diperlukan dapat diberikan dosis yang lebih tinggi,maksimal 900 mg sehari. Dosis harus disesuaikan dengan cara pemantauan kadar asam uratdalam serum/air seni dengan jarak waktu yang tepat hingga efek yang dikehendaki tercapaiyaitu selama ± 1-3 minggu atau:Untuk kondisi ringan: 2-10 mg/kg BB sehari atau 100-200 mg/hari

Itulah Allopurinol, Obat Penurun asam urat adalah obat yang digunakan terutama untuk mengobati kelebihan asam urat dalam darahdan komplikasinya, termasuk asam urat kronis. Obat ini adalah inhibitor oksidase xantin dan diberikan secara oral.

 


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar