Bagi para gamer, pastinya sudah tidak asing lagi menggunakan aplikasi game booster. Aplikasi tersebut dapat meningkatkan performa prosesor, RAM, VGA, maupun hard disk, sehingga game yang dimainkan menjadi lebih lancar tanpa lag.

Game booster memang sangat berguna kalau kamu memiliki PC atau laptop dengan spesifikasi yang pas-pasan tapi tetap ingin bermain game kelas atas. Nah, kalau kamu sedang mencari software game booster untuk mempercepat game-mu, berikut 9 rekomendasi terbaik yang bisa kamu gunakan.

1. Windows Game Mode

9 Aplikasi Game Booster Terbaik
Bagi pengguna perangkat Windows, software Windows Game Mode menjadi pilihan pertama meningkatkan performa game.

Bagi pengguna sistem operasi Windows, opsi pertama aplikasi game booster terbaik yaitu Windows Game Mode. Fitur tersebut dihadirkan di aplikasi XBox yang bisa kamu aktifkan dengan shortcut tombol Windows + G.

Nantinya akan muncul Game Bar dengan deretan fitur yang tentunya sangat berguna saat bermain game, seperti screenshot, live stream, game booster, dan sebagainya. Fitur dari Microsoft ini bisa kamu coba terlebih dahulu sebelum mengunduh aplikasi game booster pihak ketiga.

2. Wise Game Booster

Wise Game Booster, aplikasi game booster terbaik
Wise Game Booster sangat cocok dijalankan saat bermain game RPG.

Wise Game Booster merupakan software yang dirilis dari sejak tahun 2014. Tidak sedikit gamers yang memakai aplikasi ini karena terbukti mempercepat performa PC ataupun laptop saat dipakai untuk bermain game. Kamu yang suka bermain game RPG, pastinya game booster ini akan memberikan pengalaman bermain game dengan lebih cepat tanpa ada lag.

Belum lagi Wise Game Booster sudah mendukung berbagai jenis game multiplayer, jadi kamu bisa bermain dengan teman-temanmu tanpa memusingkan performa game-nya. Harganya? Tidak perlu khawatir dengan harganya, karena kamu bisa mengunduhnya secara gratis alias cuma-cuma.

3. Razer Game Booster

Razer Game Booster, aplikasi game booster terbaik
Razer menghadirkan software yang mampu meningkatkan performa game, Razer Game Booster.

Razer merupakan salah satu produsen perangkat game terkenal asal Amerika Serikat. Tidak hanya menghadirkan perlengkapan gaming, mereka juga menghadirkan software untuk memaksimalkan performa game yang dimainkan, yaitu Razer Game Booster.

Bekerja sama dengan iOBit, Razer Game Booster diklaim mampu mengoptimalkan PC ataupun laptop untuk menghasilkan performa yang lebih baik saat memainkan berbagai jenis game. Menariknya, saat aplikasi ini diaktifkan, program-program dan layanan lainnya yang tidak diperlukan akan langsung ditutup. Dengan begitu, beban kinerja sistem akan semakin berkurang dan game menjadi lebih lancar.

Tidak hanya itu saja, masih ada banyak fitur yang tentunya sangat bermanfaat, seperti FPS Counter, Driver Updater, dan Screenshot Gallery.

4. Geforce Experience

GeForce Experience, aplikasi game booster terbaik
Laptop dengan GPU NVidia akan semakin kencang memakai game booster GeForce Experience.

Selanjutnya ada GeForce Experience, salah satu aplikasi game booster terbaik besutan NVidia. Kalau PC atau laptopmu memakai GPU NVidia, software ini pasti akan bekerja lebih optimal dibandingkan memakai GPU lainnya. Tapi, perangkat AMD sebenarnya juga sudah cukup stabil menjalankan aplikasi ini.

Sama seperti aplikasi game booster sebelumnya, GeForce Experience mampu memaksimalkan pengalaman gaming kamu dengan genre game apa pun. Bahkan software satu ini juga dapat menjaga driver perangkat untuk tetap up to date, sehingga driver kamu tidak akan ketinggalan versi yang terbaru.

5. iOBit Game Booster

iOBit Game Booster, aplikasi game booster terbaik
Nikmati kecepatan performa sistem dengan aplikasi iOBit Game Booster.

Masih mencari software tambahan untuk mempercepat aktivitas gaming kamu? Coba saja menginstal iOBit di PC maupun laptop kamu. Aplikasi tersebut terlihat sederhana tapi juga terbukti membuat performa perangkat menjadi lebih cepat meski kamu bermain game berat sekalipun.

Lalu, bagaimana cara memakai iOBit Game Booster? Setelah kamu menginstalnya, tinggal buka saja aplikasi tersebut, dan klik tombol Start Boost. Nantinya kamu dapat menikmati kecepatan performa PC maupun laptop kamu yang lebih stabil dan minim lag saat kamu menggunakannya untuk bermain game.

6. GameFire

GameFire, aplikasi game booster terbaik
GameFire menghadirkan beragam fitur menarik untuk meningkatkan performa game.

GameFire juga termasuk aplikasi penguat game yang populer dipakai di kalangan gamers. Bagaimana tidak, software ini menghadirkan berbagai fitur menarik yang membuat pengalaman bermain game kamu semakin seru dan tidak bikin frustasi. Mulai dari aplikasi manager untuk mematikan program yang tidak diperlukan, folder game defragger, sampai sistem tweak untuk perangkat Windows.

Kamu bisa mengunduhnya dan menggunakannya secara gratis. Hanya saja, saat proses instalasi, ada beberapa aplikasi lainnya yang akan ikut terinstal. Kalau kamu tidak ingin aplikasi-aplikasi tersebut ada di PC ataupun laptopmu, kamu bisa langsung menghapusnya setelah instalasi selesai.

7. MSI Afterburner

MSI Afterburner, aplikasi game booster terbaik
Tidak hanya menawarkan perangkat laptop yang gahar, MSI juga menghadirkan game booster terbaiknya, MSI Afterburner.

Aplikasi game booster terbaik ini merupakan software yang siap memberikan optimasi yang lebih baik pada GPU di perangkat kamu. MSI Afterburner memang salah satu aplikasi penguat game yang layak dipertimbangkan. Bahkan, aplikasi ini mampu membuat tweak pada core, shader clocks, serta tegangan tinggi sehingga kinerja perangkat menjadi lebih cepat dan lancar.

Berbeda dengan aplikasi penguat game lainnya, Afterburner dapat mengontrol kecepatan kipas sekaligus memantau statistik VGA yang terpasang melalui serangkaian grafik. Nah, kamu yang suka bermain game HD yang berat, MSI Afterburner sangat cocok dijadikan game booster kamu.

8. Razer Surround

Razer Surround, aplikasi game booster terbaik
Selain menguatkan performa game, Razer Surround juga berfungsi meningkatkan efek suara.

Berbeda dengan game booster kebanyakan, Razer Surround dirancang untuk memainkan game-game 3D yang menggunakan surround sound. Dengan aplikasi satu ini, kamu bisa mendengarkan beragam efek suara yang lebih luar biasa meski kamu memakai headset dengan kualitas tidak terlalu tinggi.

Cara kerjanya, aplikasi ini menggunakan kartu suara secara virtual sehingga Razer Surround bisa mencapai efek suara yang semakin terarah. Jadinya, kamu tidak hanya menikmati performa game yang cepat, tapi juga efek suara yang lebih bagus.

9. ROCCAT Power Grid

ROCCAT Power Grid, aplikasi game booster terbaik
ROCCAT Power Grid termasuk aplikasi open beta yang bisa mengubah HP dan tablet menjadi layar kedua PC.

Aplikasi game booster terbaik terakhir yang tidak boleh terlewat yaitu ROCCAT Power Grid. Aplikasi ini sebenarnya termasuk open beta yang mampu mengubah HP maupun tablet Android sebagai layar kedua untuk PC atau laptop kamu. Ada beragam fitur yang ditawarkan, seperti kontrol audio, stream di media sosial, serta pengaturan secara manual untuk berbagai game dan aplikasi lainnya.

Melalui Power Grid, kamu juga bisa berbagi pengaturan kontrol manual ke gamers lainnya, sehingga mereka juga dapat menggunakan pengaturan yang sudah kamu buat. Satu hal yang penting saat memakai software ini adalah kamu akan mendapatkan kenyamanan yang luar biasa ketika bermain berbagai game apa pun.

Opsi aplikasi game booster terbaik di atas memang diciptakan untuk meningkatkan performa PC maupun laptop saat bermain game. Kamu tidak perlu lagi frustasi mendapati game mengalami lag. Cukup aktifkan aplikasinya, pengalaman bermain game kamu semakin seru dengan performa yang lebih lancar.

via Pemmzchannel