JAKARTA, – Anda barangkali sudah meletakkan tanaman hias untuk menambahkan warna, kehidupan, dan dekorasi ke dalam rumah Anda. Namun,tahukah Anda bahwa tanaman hias juga bermanfaat di kamar tidur?

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Kamis (29/4/2021), sejumlah studi ilmiah telah menunjukkan bahwa keberadaan tanaman bisa menurunkan stres dan meningkatkan produktivitas. Inilah sebabnya kamar tidur adalah ruangan yang cocok untuk meletakkan tanaman hias.

Ada banyak jenis tanaman hias yang dapat Anda pilih untuk mempercantik kamar tidur. Ini termasuk beberapa tanaman hias yang dikenal sangat mudah perawatannya.

Baca juga: 5 Kebiasaan Anda yang Bisa Bikin Tanaman Hias Indoor Mati

Yang terpenting, hindari penyiraman berlebih pada tanaman. Banyak tanaman hias mati karena kelebihan kelembaban.

Berikut beberapa tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar tidur.

1. Lidah mertua

Lidah mertua atau Sansevieria dikenal sebagai tanaman yang perawatannya sangat rendah. Tanaman ini mudah dikenali karena daunnya yang panjang dan ujungnya runcing seperti pedang.

Dengan demikian, tanaman lidah mertua cocok untuk diletakkan sebagai titik fokus di sudut kamar tidur. Tanaman ini adalah jenis sukulen dan dapat hidup dengan baik di lingkungan dengan kelembaban rendah.

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Hias yang Naik Daun pada April 2021

Lidah mertua dapat tumbuh dan hidup baik di lingkungan dengan pencahayaan terang hingga gelap. Biarkan tanah mengering sebelum disiram.

7 Tanaman Hias Terbaik untuk Kamar TidurUNSPLASH/SEVERIN CANDRIAN Ilustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading.

Sirih gading atau pothos adalah salah satu tanaman hias yang paling mudah dirawat di kamar tidur.

Daunnya yang tebal dan mengilap menyimpan air, serta sifatnya yang merambat memudahkan Anda memangkasnya sesuai ukuran yang Anda inginkan.

Sirih gading mampu hidup dalam segala kondisi pencahayaan. Tanaman ini hadir dalam corak warna hijau dengan semburat kuning atau putih.

Sama seperti lidah mertua, biarkan tanah mengering sebelum melakukan penyiraman.

via Kompas