peluang usaha rumahan

<div>7 Peluang Usaha Rumahan & Tips Menjalankannya</div>

Website – Ibu rumah tangga tetap harus bisa mandiri secara finansial untuk membantu keuangan keluarga. Bisa dengan menjajal peluang usaha rumahan agar tetap bisa fokus mengurus keluarga. Jangan salah, bahkan menjalankan usaha seperti ini juga bisa menghasilkan jutaan rupiah per bulannya.

Banyak wanita karier yang memutuskan berhenti bekerja dan menjadi stay at home mom setelah memiliki anak. Tujuannya agar fokus mendidik dan membesarkan anak apalagi di masa golden age. Jika sebelumnya para wanita ini disibukkan dengan pekerjaan kantor maka kini fokus utamanya adalah untuk memiliki waktu untuk buah hati dan keluarganya.

Namun bukan berarti stay at home mom tidak bisa menjalankan bisnis sama sekali. Saat ini biaya hidup yang dibutuhkan amat tinggi. Terlebih lagi jika kamu ingin memberikan anakmu pendidikan di sekolah terbaik dan banyak lagi lainnya.

Ibu yang memiliki penghasilan sendiri juga membuat keuangan keluarga jauh lebih stabil karena tidak hanya bergantung pada kepala keluarga. Bukti nyatanya seperti yang terjadi belakangan ini. Ketika banyak perusahaan yang melakukan PHK akibat pandemi Corona, peluang usaha rumahan yang sudah dikembangkan yang menjadi penyelamat banyak ekonomi keluarga.

Berawal untuk menjadikannya pengisi waktu saja, siapa sangka jika usaha yang dijalankan oleh para ibu rumah tangga malah memberikan penghasilan utama. Sebenarnya, ini juga bukan kisah lama. Ada banyak usaha rumahan yang terus berkembang menjadi bisnis besar seiring berjalannya waktu.

Dalam usaha kuliner, kita tahu kecap bango yang awalnya adalah usaha rumahan namun kini menjadi brand yang cukup besar di Indonesia. Banyak lagi produk lainnya yang bisa dijadikan bahan pelajaran. Karena itu, usaha apapun sangat layak untuk dikembangkan.

Terlebih lagi jika kamu memiliki keahlian tertentu yang dibutuhkan untuk bisnis tersebut. Saat ini, hampir semua skill bisa jadi modal untuk merintis usaha. Hanya saja memang belum banyak yang jeli akan peluang usaha rumahan yang ada.

Contoh Peluang Usaha Rumahan

Ada banyak peluang usaha rumahan yang bisa dikerjakan oleh ibu penuh waktu. Ada banyak ragam usaha lainnya yang bisa dilakukan tanpa harus terikat jam kantor. Kamu bisa melakukannya di sela-sela mengantarkan si kecil sekolah atau jam tidurnya. Berikut ini adalah contoh peluang usaha rumahan yang bisa dilakukan dari rumah dengan modal terbatas.

1. Gardening

Pertanian herbal adalah salah satu industri yang paling cepat berkembang. Obat-obatan, teh, kuliner, serta lilin dan aromaterapi herbal hanyalah salah satu contoh paling populer. Kalau kamu punya pengetahuan mendalam atau latar belakang pendidikan soal tumbuhan maka bisnis ini bisa dicoba.

Selain herbal, tanaman bunga juga ladang bisnis yang menjanjikan. Salah satu jenis bunga yang selalu populer adalah anggrek. Perawatannya memang cukup rumit namun minat pasar terhadap bunga ini selalu tinggi.

Terlebih lagi saat ini berkebun sedang jadi aktivitas yang populer. Kamu tak perlu repot untuk mengenalkan dan mencari pangsa pasarnya. Kalangan tua, muda, ibu-ibu sampai bapak-bapak semua senang untuk membeli tanaman dan merawatnya.

Kamu bisa melengkapi jualanmu dengan pupuk kreasi sendiri atau pot cantik yang cocok untuk tanaman tersebut. Rata-rata pembeli pasti akan senang membeli tanaman lengkap dengan pelengkapnya itu.

2. Jasa Membuat Hamper

Tren memberikan hampers sebagai hadiah pernikahan, hari besar atau perayaan lainnya saat ini semakin meningkat. Kamu hanya perlu bakat dan ide kreatif untuk terjun ke bisnis pembuatan hampers ini. Tinggal padu padan kado yang ingin diberikan dan dekorasi yang cantik pada kotak atau keranjang hampers.

Intinya kemasannya menarik agar menarik semakin banyak konsumen. Promosikan bisnis dengan foto yang diposting secara online lengkap dengan brosur daftar harganya. Tawarkan pula ke berbagai perusahaan lewat surel atau ke toko-toko lokal.

Kamu bisa menyediakan varian hampers yang beragam untuk semakin menjaring konsumen. Bisa dengan hampers berisi kue kering, make up, atau alat sanitasi yang kini banyak diminati. Kamu bisa mencari desain unik untuk diaplikasikan pada setiap kreasimu.

3. Wedding Planner atau Bridal Consultant

Kalau kamu sebelumnya sangat menikmati merencanakn pernikahanmu mungkin bisnis ini sangat cocok. Bisnis perencana pernikahan atau konsultan pernikahan sebenarnya punya peluang yang besar. Banyak pasangan yang kerap bingung saat akan melangsungkan pernikahan meskipun memiliki anggaran biaya yang besar.

Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan apalagi jika kamu orang yang sangat terorganisir dan detail-oriented. Pastikan kamu paham jelas bagaimana mengatur pernikahan termasuk sumber daya dan kisaran harga semua kebutuhan mulai dari undangan sampai musik pernikahan.

Terlebih lagi saat ini banyak pasangan muda yang ingin pernikahan yang indah tanpa repot. Kamu bisa menyediakan paket pernikahan yang sesuai dengan tren yang disukai. Berbekal dari pengalaman sendiri, akan lebih baik jika kamu bisa memberikan harga yang lebih miring untuk jasamu.

4. Menjahit

Bisnis menjahit tak melulu soal pakaian atau kebaya. Bisnis menjahit yang bisa dijajal adalah gorden custom yang sesuai dengan desain interior. Kamu bisa fokus pada mendesain, menjahit, dan memasang gorden tersebut langsung ke jendela konsumen. Jasa yang lengkap ini dijamin akan jauh menarik konsumen dibandingkan yang biasa.

Kalau lebih mahir menjahir pakaian, bisa mencoba bisnis kostum anak-anak. gaun ala putri Disney atau animasi yang sedang populer saat ini pasti paling digemari. Tambahkan aksesoris seperti pita rambut, topi, kaos kaki, dan sepatu yang sesuai. Sebagai orang tua, kita sangat paham bahwa pakaian yang lucu untuk anak adalah godaan yang tak tertahankan, bukan?

Dengan keahlian ini, kamu juga bisa membuka les privat dengan mata pelajaran menjahit. Pasti banyak yang tertarik mengikutinya. Buat kursus pendek dengan kurikulum yang menarik agar semakin banyak yang tertarik. Saat ini makin banyak orang tertarik ingin bisa menjahit karena itu dijamin muridmu bisa semakin banyak.

5. Jasa Potong Rambut

Bagi kamu yang memiliki keahlian untuk memotong rambut, kamu bisa coba membuka usaha ini. Untuk membuka usaha ini kamu tidak membutuhkan modal awal yang besar. Kamu hanya membutuhkan lokasi, gunting rambut, pewangi rambut, dan sebagainya.

Jika kamu memiliki modal yang lebih besar, kamu bisa menambahkan jasa lainnya seperti creambath, mewarnai rambut, dan sebagainya. Modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa potong rambut atau salon, kamu tidak perlu mengeluarkan modal jutaan rupiah. Kamu bisa memulainya di rumah dan membeli beberapa perlengkapan potong rambut.

6. Menjual Pulsa dan Paket Internet

Tidak dapat dipungkiri kebutuhan pulsa dan internet masih sangat dicari banyak orang. Siapapun saat ini pasti membutuhkan pulsa dan juga kuota Internet. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, di mana kebutuhan internet meningkat untuk memenuhi kebutuhan work from home dan juga school from home.

Untuk membuka jasa ini, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Cukup dengan Rp100 ribu, kamu sudah bisa menjual pulsa dan paket Internet. Selain itu, kamu juga tidak perlu menyewa toko, karena kamu bisa membuka bisnis di rumah.

Selain menjual pulsa dan Internet, kamu juga bisa menjual pulsa listrik, tagihan listrik, pembayaran BPJS, PBB rumah, dan sebagainya. Dengan begitu, usahamu lebih bervariasi dan keuntungan yang kamu dapatkan pun semakin besar.

7. Budidaya Ikan Hias

Di masa pandemi seperti saat ini banyak orang yang membutuhkan kegiatan di rumah. Membuka usaha budidaya ikan hias bisa menjadi salah satu usaha yang menguntungkan di masa pandemi ini.

Jika di tahun 2020 lalu, budidaya ikan cupang menjadi salah satu tren di masa pandemi, di tahun 2021 ini ikan cupang sudah berkurang peminatnya dan beralih ke jenis ikan hias lainnya.

Beberapa jenis usaha tersebut adalah peluang usaha rumahan yang amat layak dicoba. Sebenarnya masih ada banyak bisnis rumahan lainnya misalnya saja membuka cucian motor, depot air minum isi ulang, atau membuka jasa desain grafis. Apapun bisnisnya, asalkan dikembangkan dengan tekun pasti akan memberikan hasil yang optimal.

Jangan ragu untuk mencoba peluang usaha rumahan yang kamu miliki. Saat ini adalah waktu yang tepat karena tren usaha sedang tinggi. Minat pasar akan produk kreasi juga semakin besar sehingga potensinya juga baik.

Tips Menjalankan Peluang Usaha Rumahan, Ladang Bisnis Emak-Emak

Semua peluang usaha rumahan memiliki potnsinya masing-masing. Hanya saja, perlu kerja keras untuk memastikannya sukses. Sayangnya tidak semua emak-emak bisa mengembangkan bisnisnya.

Berikut adalah tips menjadikan peluang usah rumahan sumber cuan bagi emak-emak, antara lain:

1. Tidak boleh Baper

Dalam menjalankan bisnis, setiap orang tak boleh baperan, dan selalu berfikir positif. Jangan pula merasa gengsi dengan usaha yang sedang dijalankan. Biasanya ini dirasakan oleh ibu rumah tangga yang dulunya kerja kantoran dan harus banting setir ke usaha rumahan.

Kesuksesan akan akan berpihak pada orang yang bekerja keras dan menurunkan gengsinya. Usaha tak serta merta langsung jadi perlu ada kerja ketas dan percayalah bahwa kamu sedang ada dalam proses ini.

2. Pasti ada kerugian, jadikan saja pembelajaran

Dalam memulai bisnis tentunya kerugian tak bisa dihindarkan, sebab ini merupakan bagian proses yang akan dialami dan menjadi pembelajaran penting. Untuk itu kerugian harus dijadikan pembelajaran bukan hadangan untuk tidak melanjutkan Bisnis.

3. Bisnis yang bagus adalah Bisnis yang dilakukan

Bisnis yang cocok untuk diri sendiri adalah Bisnis yang langsung dilakukan bukan sebatas ucapan. Ada baiknya menjajal peluang usaha rumahan yang kita sukai. Dengan demikian, kita akan paham dengan seluk beluk dunia Bisnis, sehingga ini menjadi pembelajaran penting dalam membangun suatu usaha.

4. Network dan pengalaman menjadi penting

Sebuah peluang usaha rumahan juga berkembang jika kita berani mengembangkan network atau jaringan dan mendapatkan pengalaman baru juga penting. Karena itu, jangan ragu bertemu dengan orang baru atau mendapatkan pengetahuan baru. Siapa tahu itu bisa menjadi perantara untuk pengembangan usahamu.

Itulah beberapa peluang usaha rumahan beserta tips menjalankan usaha rumahan yang perlu kamu ketahui. Setelah kamu berhasil dan sukses menjalankan bisnis rumahan, pastikan juga untuk menyisihkan pendapatanmu untuk mulai berinvestasi.

Ada banyak investasi yang bisa kamu pilih, misalnya saja reksa dana dan saham. Dengan investasi reksa dana dan saham, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang bisa membantu kamu mempersiapkan masa depan dan mencapai tujuanmu di kemudian hari.

Salah satu aplikasi yang bisa membantu kamu memulai investasi reksa dana dan saham adalah Ajaib. Dengan Ajaib, kamu bisa memulai investasi dengan mudah, kapan dan di mana saja. Selain itu, kamu juga tidak perlu ragu lagi masalah keamanan platform investasi. Karena Ajaib telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dapat menjamin keamanan investasimu.

Di Ajaib, kamu bisa memilih berbagai jenis investasi reksa dana, mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, hingga reksa dana saham. Selain itu, kamu juga bisa memulai investasi reksa dana hanya dengan modal mulai dari Rp10 ribu.

Nah, bagi kamu yang ingin keuntungan lebih besar, kamu bisa memilih untuk investasi saham di Ajaib. Di sini, kamu bisa memulai investasi saham dengan modal mulai dari Rp100 ribu. Ada banyak perusahaan atau emiten saham yang bisa kamu pilih di Ajaib, misalnya perusahaan di industri keuangan, teknologi, f&b, kesehatan, retail, pertambangan, dan masih banyak lagi.

Jadi, apapun investasi yang kamu pilih, pastikan kamu memulainya di Ajaib!

via ajaib