JAKARTA, - Setelah digunaKan menggoreng ikan dan menumis sayur minyak menjadi kotor dan tak lagi bisa digunakan.

Cara termudah dan tercepat untuk membuang minyak goreng bekas pakai adalah dengan menuangkan di saluran air pada bak cuci piring. Meski lazim dilakukan, hal ini dapat memberikan efek jangka panjang yang buruk untuk pipa cucian piring.

Sebaiknya jangan sembarangan membuang minyak goreng bekas pakai. Untuk membantumu membuang minyak goreng bekas pakai. Melansir dari Spoon University, Rabu (15/9/2021), berikut cara yang sebaiknya dilakukan agar limbah minyak tidak mencemari lingkungan.

Baca juga: Bikin Pestisida Sendiri, Pakai Minyak Goreng dan Sabun Cuci Piring

Gunakan kembali

Untuk mengurangi limbah, cara terbaik adalah menggunakannya kembali. Jika kamu menggoreng beberapa jenis sayuran seperti kentang, minyak dapat kamu simpan dan gunakan kembali beberapa kali.

Namun berhati-hatilah jika memasak daging atau ikan dengan minyak yang sama berulang kali, pastikan minyak masih dalam kondisi baik dan aman untuk digunakan. Sebaiknya jangan gunakan jika minyak sudah berwarna keruh dan berbusa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Basmi Hama Ulat pada Tanaman dengan Sabun Cair dan Minyak Goreng

Buang minyak di dalam wadah tertutup rapat

7 Cara Membuang Minyak Bekas Pakai agar Tak Mengotori LingkunganDok. Shutterstock/Mama Belle and the kids Ilustrasi jelantah atau minyak goreng bekas.

Jika kondisi minyak sudah tidak layak untuk digunakan kembali, pilihan terbaik adalah dengan membuangnya. Namun jika kamu harus membuang minyak, pastikan untuk membuangnya secara benar.

Diamkan minyak yang baru digunakan dan tunggu hingga suhu ruang, lalu tuang kedalam karton susu atau wadah yang tidak akan digunakan kembali lalu buang bersama sampah.

Pastikan wadah aman, tidak mudah pecah dan tertutup rapat untuk mencegah tumpahan minyak di tempat sampah.

Baca juga: Usir Serangga Tanaman Sayuran, Pakai Minyak Goreng hingga Sampo Bayi

Bekukan sebelum dibuang

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuang minyak bekas pakai adalah dengan membekukan minyak di dalam lemari pendingin.

via Kompas