6 Teknik Bermain Gitar Paling Dasar untuk Pemula

Sumber: Shazam

Dalam artikel ini kami akan melihat 6 tips dan teknik bermain gitar yang harus diketahui semua gitaris, khususnya bagi kamu yang pemula. Artikel ini akan mencakup berbagai teknik bermain gitar dari yang dasar hingga beberapa teknik lead sederhana seperti cara memainkan tangga nada A Minor yang mudah bagi pemula.

Teknik Dasar Bermain Gitar

1. Muting & Choking

teknik bermain gitar

Sumber: Fender

Teknik bermain gitar yang pertama adalah muting dan choking. Teknik palm muting adalah teknik mendiamkan atau mematikan bunyi senar gitar sesaat atau sesudah senar dibunyikan. Teknik ini juga membuat permainan kamu ‘lebih bersih’.

Untuk melatih palm muting, cukup letakkan pangkal tangan pick kamu ke bridge gitar dan berikan tekanan lembut saat kamu melakukan kontak dengan senar. Semakin dekat kamu tangan kamu ke senar, resonansinya juga akan semakin berkurang dan semakin tidak bersuara (nyaring). Meletakkan tangan ke arah belakang bridge memungkinkan senar lebih beresonansi dan membuat nada lebih jelas dan memiliki sustain yang lebih panjang. 

Baca Juga:

Choking atau cut off adalah teknik untuk menghentikan getaran senar dan menghilangkan suara. Untuk melatihnya, kamu hanya perlu meletakkan tangan ke senar saat kamu ingin menghentikan nada agar tidak bergetar. Secara sederhana, kamu hanya perlu menyentuh tangan kiri kamu ke senar untuk menghentikan bunyi.

Teknik gitar ini sangat penting untuk menghentikan nada yang tidak diinginkan dan juga dapat menciptakan nuansa ritmis saat kamu menyentuh tangan kiri di atas senar dan melatih teknik picking kamu.

2. Vibrato

Vibrato adalah salah satu teknik bermain gitar paling ekspresif yang tersedia bagi kamu sebagai gitaris. Vibrato umumnya digunakan pada nada tunggal untuk membuatnya terdengar lebih selaras, lebih jelas, dan untuk menambahkan sustain yang lebih lama. 

Untuk latihan awal, kami sarankan untuk memulai dari yang dasar dengan mulai menerapkan vibrato ke satu senar. Setelah kamu merasa yakin untuk menguasai teknik ini, kamu dapat melanjutkan dan menerapkan vibrato ke dalam chord.

Untuk melakukan teknik itu sendiri, cukup tekan senar, biarkan berdering, lalu dengan lembut dorong atau tarik senar ke atas dan ke bawah, kami sarankan kamu untuk mulai dengan jari telunjuk atau jari tengah terlebih dahulu. Menempatkan ibu jari tangan di atas neck juga dapat membantu sebagai poros untuk teknik ini. 

Baca Juga:

3. Bending

teknik bermain gitar

Sumber: Premier Guitar

Bending adalah suatu teknik yang digunakan untuk menaikan atau menurunkan nada senar gitar dengan cara ditekan dan dikembalikan ke posisi semula tanpa harus berpindah kolom pada fret.

Kami menyarankan dengan memulai dengan menekan senar dengan jari manis, sebaiknya pada senar 1 atau 2 dan saat menekan senar, kamu bisa menggunakan gabungan dari jari tengah dan jari manis untuk meningkatkan kekuatan bending.

Sambil menekan kuat-kuat dengan jari manis, dan dorong senar ke atas ke arah senar bass. Jika kamu melakukan teknik ini dengan benar, kamu akan mendengar nada yang lebih tinggi dan semakin tinggi kamu bending, semakin tinggi juga nadanya.

4. Hammer on & Pull off

teknik bermain gitar

Sumber: Dawsons Music

Jika kamu ingin menambahkan kecepatan dan fluiditas pada permainan gitar, kamu harus memanfaatkan teknik hammer on dan pull off secara maksimal. Hammer on dan pull off sangat bagus untuk menambahkan sedikit kecepatan tanpa perlu memetik senar, sehingga kamu lebih berfokus pada tangan kiri kamu.

Untuk melakukan hammer on kamu bisa melakukan dengan cara: Petik senar ke-1 pada fret ke-3 lalu tekan fret ke-5 tanpa memetik senar lagi. 

Sedangkan untuk pull off: Sama seperti hammer on hanya saja kita bukan menekan fret yang ada di depan, tetapi mengangkat salah satu jari yang di paling depan, teknik ini sering disebut dengan ‘congkel’. Jadi yang dimaksud adalah saat memainkan hammer on nada yang dihasilkan semakin tinggi, tetapi dalam teknik pull off, nada yang dihasilkan semakin rendah.

kamu bisa memulai dengan memetik senar ke-1 pada fret ke-7 dengan jari manis lalu congkel jari manis tanpa memetik senar lagi, lalu dilanjutkan dengan mencongkel jari tengah pada fret ke-5 sehingga yang masih menekan fret hanya jari telunjuk pada fret ke-3.

5. Slide

Teknik bermain gitar slide, juga dikenal sebagai “glissandos”. Teknik ini merupakan salah satu teknik pemula yang penting untuk dikuasai, atau mungkin secara tidak sengaja kamu pernah memainkan teknik ini.

Untuk melakukan slide, tekan nada pada senar apa pun, tekan terus agar nada tetap bunyi, lalu seret jari ke fret lain pada senar yang sama.

Kamu dapat menggeser senar ke kolom yang lebih tinggi atau lebih rendah dari nada yang kamu mulai. Jika dilakukan dengan benar, kamu akan mendengar perubahan nada yang mulus tanpa ada nada yang mati saat slide.

6. Pelajari Pentatonik

teknik bermain gitar

Sumber: Beginner Guitar HQ

Mempelajari skala pentatonik A Minor, atau scale apa pun berguna untuk bermain solo atau hanya sekedar untuk jamming. Nada pentatonik ini bisa ditemukan pada alat musik tradisional Cina, Jepang, Indonesia, hingga musik spiritual Afrika-Amerika. Skala pentatonik atau tangga nada sangat berguna karena kamu dapat menggunakannya di hampir semua lagu blues dan rock!

Beli Gitar Impian Kamu via Shopee!

Itulah beberapa teknik bermain gitar untuk pemula yang mudah untuk dikuasai. Walaupun mudah, tentu kamu harus sering-sering berlatih untuk menguasainya! Kamu setidaknya harus latihan 10 menit sehari untuk membantu meningkatkan teknik gitar yang sudah disebutkan di atas.

Untuk menunjang proses belajar gitar kamu, tentu kamu harus memiliki gitar yang tentunya berkualitas dan memiliki suara yang ok. Kabar baiknya kamu bisa menemukan gitar impian kamu hanya di Shopee! Ayo lengkapi kebutuhan alat musik kamu di Shopee!

via shopee