6 Makanan Pencegah Stroke


SoPasti.Com – Stroke merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi seseorang serta penyebab kematian terbanyak setelah jantung dan kanker. Penyakit stroke disebabkan oleh berbagai faktor seperti gaya hidup, makanan, obesitas dan lainnya. Untuk mencegah stroke sejak dini, kita perlu memperhatikan sumber makanan yang dikonsumsi.

Pengertian Stroke

Baca Juga : Gejala Dehidrasi

Berikut sumber makanan pencegah stroke yang harus Anda ketahui.

6 Makanan Pencegah Stroke

1. Ikan laut.

Ikan laut kaya akan omega 3 serta efektif menurunkan resiko penyakit jantung dan tekanan darah. Konsumsilah ikan tuna, salmon dan trout secara teratur untuk menjaga diri Anda dari ancaman penyakit stroke. Selain mencegah stroke ikan laut juga merupakan sumber protein yang bagus bagi tubuh.

2. Kedelai.

Selain mengandung protein nabati yang baik bagi tubuh, kedelai juga dapat menurunkan trigliserida darah sehingga dapat mengurangi resiko stroke. Ada banyak olahan kedelai yang dapat Anda konsumsi seperti tahu, tempe dana susu kedelai.

3. Sayur dan buah.

Pilihlah sayur dan buah yang masih dalam kondisi segar. Konsumsilah sayur bayam, brokoli dan asparagus karena mengandung asam folat dan vitamin B6 yang dapat menurunkan resiko stroke. Selain itu buah-buahan seperti pepaya, strawberry dan lainnya juga sangat bermanfaat untuk mencegah stroke karena mengandung antioksidan yang tinggi.

4. Serat.

Serat dapat Anda temukan dalam buah, sayuran, gandum dan kacang-kacangan. Kandungan serat yang tinggi pada sumber makanan tersebut dapat menurunkan kolesterol jahat yang menyebabkan stroke. Selain itu serat juga sangat bermanfaat dalam mengontrol gula darah dalam tubuh Anda.

5. Makanan ber-kalium.

Konsumsilah makanan yang mengandung kalium tinggi seperti kentang, pisang dan kismis. Kandungan kalium yang tinggi pada sumber makanan tersebut dapat mengurangi resiko stroke hingga 28%.

6. Susu.

Susu rendah lemak juga sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena stroke. Selain susu, Anda juga dapat mengkonsumsi produk turunan seperti yogurt. Minumlah susu setiap hari sebagai bentuk tindakan pencegahan terhadap stroke serta pemenuhan kebutuhan gizi yang harus Anda lakukan.

Baca Juga : Khasiat dan Manfaat Temulawak

Konsumsilah makanan dan sumber makanan pencegah stroke diatas secara teratur setiap hari. Pastikan Anda selalu mengontrol gula darah, kandungan kolesterol serta berat badan Anda secara berkala untuk mencegah stroke sedini mungkin.

Menurut riset kesehatan dasar yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan RI pada tahun 2013, di Indonesia terdapat lebih dari 2 juta penduduk, atau 12 dari 1000 penduduk, menderita stroke dengan persentase terbesar berasal dari provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, stroke juga merupakan pembunuh nomor 1 di Indonesia, lebih dari 15% kematian di Indonesia disebabkan oleh stroke.

Stroke iskemik memiliki kejadian yang lebih sering dibandingkan dengan stroke hemoragik, namun stroke hemoragik membunuh lebih sering dibandingkan dengan stroke iskemik. Hipertensi yang diikuti dengan diabetes dan kolesterol tinggi merupakan kondisi yang paling sering meningkatkan risiko terjadinya stroke di Indonesia. Jaga Kesahatan ya Sobat Sopasti.com!


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar