Salah satu destinasi wisata yang mempesona di pulau Jawa berada di kepulauan Karimun Jawa. Keindahan pemandangan di kawasan Jepara ini tidak kalah menawannya dari destinasi wisata terkenal lainnya, seperti Bali, Pulau Pahawang, dan lain sebagainya.

Karimun Jawa tidak hanya memperlihatkan keindahan pantai dan lautan, tetapi terdapat beberapa panorama alam dan kegiatan lainnya yang bisa dieksplorasi oleh pengunjung. Kepulauan Karimun mulai ditetapkan sebagai Taman Nasional sekaligus tempat wisata alam oleh pemerintah Jepara sejak tanggal 15 Maret 2021.

Seiring perkembangan waktu, destinasi wisata ini mulai dikenal oleh banyak orang, baik masyarakat Indonesia maupun wisatawan mancanegara. Kalau Sweet Couple ingin mengeksplorasi sensasi wisata alam yang di Indonesia menarik selain pulau Bali, maka Karimun Jawa menjadi pilihan yang tepat.

Letak Karimun Jawa

Karimunjawa merupakan kepulauan di laut Jawa. Secara geografis, Taman Nasional ini berada di wilayah kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Kepulauan ini memiliki sekitar 27 pulau dengan keindahan pemandangan yang berbeda dan unik. Sebanyak 22 pulau di antaranya tidak berpenghuni.

Akses Menuju Karimun Jawa

Sweet Couple dapat mengunjungi berbagai tempat wisata di kepulauan tersebut dengan akses transportasi yang mudah. Kamu bisa menaiki kapal Feri Siginjai dari Pelabuhan Kartini, Jepara untuk menuju ke Karimunjawa dengan estimasi waktu sekitar 5 jam. Harga tiket kapal untuk kelas ekonomi hanya berkisar Rp45.000.

Kalau ingin berangkat dari Semarang, Sweet Couple bisa menggunakan kapal kartini di Pelabuhan Tanjung Emas. Kapal ini berangkat menuju Karimun setiap hari Sabtu pukul 9 pagi dengan waktu penyebrangan sekitar 2 jam.

Destinasi Wisata Karimun Jawa yang Harus Kamu Eksplor

Ada berbagai pilihan destinasi dan aktivitas ketika Sweet Couple berlibur ke Karimun Jawa. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata yang harus kamu kunjungi.

1. Keindahan Pantai Ujung Gelam

6 Destinasi Wisata Karimun Jawa yang Wajib Kamu Kunjungi!
Gambar diambil dari instagram.com/javascenery/

Destinasi pertama yang harus kamu kunjungi adalah Pantai Ujung Gelam. Pantai ini sering disebut juga Tanjung Gelam. Pantai Tanjung Gelam memperlihatkan perpaduan panorama air biru dan pasir putih yang indah. Terdapat juga beberapa batu karang yang menambah pemandangan estetik.

Pantai ini merupakan spot foto yang disukai oleh banyak pengunjung. Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat jelas di ujung laut. Anda tidak perlu khawatir kalau ingin berenang di pantai tersebut karena ombaknya tidak terlalu besar.

2. Wisata Karimun Jawa dengan Menyusuri Hutan Mangrove

Kepulauan Karimun tidak hanya memiliki wisata pantai. Kalau Sweet Couple ingin menikmati sejuknya pemandangan pepohonan atau tanaman hijau, maka hutan mangrove adalah pilihan yang tepat.

Anda dapat menyusuri pepohonan mangrove dan tempat ini dapat menjadi spot foto yang menarik. Sweet Couple hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar dua sampai lima ribu rupiah untuk mengeksplorasi wisata hijau dan menyegarkan ini.

3. Menyusuri Indahnya Bawah Laut

Kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan di Karimun adalah wisata bahari, yaitu menyusuri keindahan bawah laut. Sweet Couple dapat menyaksikan keindahan berbagai spesies ikan warna-warni dan terumbu karangnya. Anda bisa mengambil foto terbaik dengan pemandangan yang eksotik.

4. Bersantai di Pulau Geleang

Destinasi wisata Karimun Jawa selanjutnya adalah Pulau Geleang. Geleang merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Namun, pulau ini selalu dikunjungi oleh berbagai wisatawan lokal dan asing. Pulau tersebut selalu menjadi destinasi andalan dalam paket wisata Karimunjawa.

Pulau Geleang sangat cocok bagi keluarga yang sedang berlibur. Anda dapat melakukan beberapa kegiatan santai dan menarik, seperti berenang, bermain voli, bermain pasir, atau sekadar berjemur sambil menikmati indahnya air pantai dengan ombak yang tenang.

5. Berenang bersama Ikan Hiu di Pulau Menjangan Besar

Taman Nasional Karimun memiliki pusat penangkaran hiu dan penyu, yakni di Pulau Menjangan Besar. Anda dapat merasakan pengalaman menarik berenang bersama hiu.

Sweet Couple tidak perlu khawatir karena seluruh hiu di tempat ini sudah dijinakkan. Pemandu wisata akan melemparkan makanan agar hiu dapat mendekat. Perlu diingat agar Anda tidak pernah berendam atau berenang ketika terdapat bagian tubuh yang sedang luka karena hiu sensitif dengan aroma darah. Sweet Couple dapat berkunjung ke tempat ini mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

6. Wisata Karimun Jawa dengan Menikmati Sunset di Bukit Joko Tuwo

Kalau mau menyaksikan sunset terbaik, maka Sweet Couple harus mengunjungi Bukit Joko Tuwo. Anda dapat menikmati detik-detik terbaik saat matahari terbenam yang seolah-olah diselimuti lautan.

Sweet Couple juga bisa menikmati pemandangan air laut yang membentang di sekeliling ditambah pasir putih jernih dan berkilauan. Jangan lupa abadikan momen terbaik di tempat ini dengan berbagai foto-foto estetik. Anda dapat mengunjungi tempat ini setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore.

Itulah keenam destinasi wisata di Karimun Jawa yang bisa Sweet Couple kunjungi. Mulai dari menyusuri pantai, hutan, berenang, hingga menikmati matahari terbenam, semuanya dapat Anda coba di kepulauan Karimun. Ulasan destinasi wisata ini dapat menjadi panduan bagi Anda yang ingin berlibur ke Karimun Jawa.

via sweetrip