JAKARTA, – Ungkapan dan ucapan sayang seperti I love you (aku sayang kamu) tak selalu datang dari orang tercinta, tapi bisa juga datang dari hewan peliharaan seperti anjing.

Tak dimungkiri, anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling setia. Kedekatan, kesetiaan, dan cinta anjing kepada tuan atau pemiliknya tak diragukan lagi. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Taman Rumah Menjadi Area Bermain yang Ramah bagi Anjing

Namun, berbeda dengan manusia, cara anjing mengatakan atau mengungkapkan “Aku mencintaimu” itu ditunjukkan melalui gerakan atau bahasa tubuh.

Lantas, seperti apa caranya? Berikut ini enam cara anjing mengungkapkan I love you atau cinta pada pemiliknya dilansir dari laman Martha Stewart, Kamis, (20/5/2021). 

Baca juga: 6 Jenis Anjing yang Memiliki Kepribadian Ramah, Apa Saja?

Menaikan alis

Sebuah penelitian menemukan, ketika anjing bertemu kembali dengan pemiliknya, hewan berbulu itu akan mengangkat alis mata, khususnya yang sebelah kiri, sebagai ungkapan cinta kepada pemiliknya. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan, saat bertemu orang asing, ekspresi wajah yang ditunjukkan anjing cenderung datar. 

Baca juga: Anjing Peliharaan Obesitas? Ketahui Bahaya yang Mengancam

Pernah mendengar bahwa menguap itu menular? Ya, pada manusia, reaksi menguap ini bisa menular lantaran menguap berkorelasi dengan kapasitas empati manusia. Rupanya, respons tubuh itu juga terjadi pada anjing. 

Baca juga: Cara Memotong Kuku Anjing yang Aman dan Nyaman

Dalam sebuah penelitian, diungkapkan bahwa anjing lebih mungkin “tertular” menguap dengan pemiliknya dibanding orang asing yang menguap. Hal ini menunjukkan adanya ikatan emosional yang dekat antara anjing dan pemiliknya. 

Bersandar

Anjing selalu menginjak kaki, bahkan memiliki kecenderungan untuk bersandar pada pemiliknya. Para ahli terus memperdebatkan apakah perilaku unik ini merupakan tanda kasih sayang atau tanda menegaskan dominasi “alfa”. 

Baca juga: Anjing Rabies, Gejala dan Cara Menanganinya

Jika ia tidak menuntut untuk dielus, memohon camilan, atau memasukkan dirinya sebagai pelindung antara Anda dan orang lain, ini lebih merupakan tanda cinta yang sederhana, mirip dengan pelukan. 

via Kompas