JAKARTA, – Lemon adalah salah satu buah yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal, dari sebagai bumbu hidangan, minuman segar, membuat kue, hingga bahan pembersih rumah. 

Lantaran memiliki manfaat yang begitu besar, banyak orang yang memilih menanam lemon di kebun atau taman mereka. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum menanam lemon.

Dilansir dari Decor Tips, Rabu (11/8/2021), berikut ini tips mudah menanam lemon. 

Baca juga: 6 Manfaat Lemon untuk Membersihkan dan Menghilangkan Bau di Rumah

Mengumpulkan biji lemon

Ada beberapa cara berbeda yang bisa kamu lakukan untuk menanam lemon. Kamu dapat mengumpulkan bijinya sendiri atau membeli pohon lemon muda apabila ingin mempercepat prosesnya.

Jika ingin menanm lemon dari biji, kamu bisa mengambilnya dari lemon yang kamu gunakan di rumah. Cuci biji lemon secara menyeluruh dengan air untuk membersihkannya dari sari buah lemon.

Pastikan biji lemon yang dikumpulkan tidak meninggalkan ampas sari buah lemon yang menempel pada bijinya. Terakhir, masukkan biji lemon yang sudah dibersihkan ke dalam kain lembap dan biarkan selama beberapa hari. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Cara Alami Membasmi Semut pada Tanaman, Pakai Gula hingga Lemon

Kecambah biji lemon dalam pot bunga

Selanjutnya, berkecambah biji lemon dalam pot bunga. Kemudian, setelah pohon lemon cukup besar, pindahkan langsung ke kebun di rumah. 

Lemon tidak tumbuh dengan baik dalam cuaca dingin. Jadi, jika kamu memutuskan menanamnya saat cuaca dingin, sebaiknya menyimpannya dalam pot bunga atau di teras yang terlindungi. 

Baca juga: Tips Membuat Pewangi Ruangan dari Lemon, Garam, dan Minyak Essensial

Lemon menyukai iklim hangat, tetapi juga membutuhkan drainase yang baik. Itulah sebabnya kamu harus meletakkan tanah subur dalam jumlah yang layak di pot bunga agar lemon tumbuh.

Jika menempatkan lemon di teras luar ruangan, bahkan jika memiliki atap, suhu dingin akan mempengaruhi mereka. Cobalah menutupi tanaman lemon dalam pot dengan plastik untuk melindunginya dari dingin dan beku. 

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan Kayu dengan Lemon agar Tahan Lama

via Kompas