Untuk kalangan gamer, monitor gaming merupakan salah satu perangkat yang sangat penting. Berbeda dengan monitor lainnya, monitor khusus gaming ini sudah diberikan fitur dan spesifikasi yang disesuaikan untuk bermain game.

Karena itulah, buat kamu yang sedang mencari monitor gaming, kamu harus tahu dulu tips memilih monitor gaming terbaik agar tidak salah pilih.

Tentunya salah pilih monitor akan membuat pengalaman bermain game menjadi kurang seru. Apalagi kamu suka bermain game FPS (First Person Shooter), kalau memakai monitor biasa, akan semakin sulit mencari musuh di tempat yang gelap.

Jadi, sebelum membelinya, pastikan kamu sudah tahu tips-tips mencari monitor gaming di bawah ini.

5 Tips Memilih Monitor Gaming Terbaik
Saat memilih monitor gaming, pastikan pilih beresolusi tinggi, terutama tentukan ukuran monitor yang tepat.

Pilih yang Beresolusi Tinggi

Tips memilih monitor gaming terbaik pertama yang harus kamu ingat adalah pilih yang layarnya memiliki resolusi yang tinggi. Sebagai pemain game, resolusi menjadi hal yang sangat penting karena memberikan tampilan yang lebih bagus dan mulus dibandingkan monitor pada umumnya.

Saat ini, monitor gaming kebanyakan sudah dibekali resolusi terendah Full HD atau 1080p. Tapi, untuk yang paling tinggi sudah ada yang menggunakan resolusi UHD 4K.

Untuk mencarinya, kamu bisa menyesuaikannya dengan game-game yang sering kamu mainkan. Misalnya saja kamu suka game FPS, resolusi Full HD atau 1080p bisa menjadi pilihan yang tepat. Monitor 1080p pastinya memiliki response time yang lebih cepat dan input lag lebih rendah.

Jadi tidak heran kalau sangat cocok untuk game-game yang membutuhkan gerak reflek cepat serta ketelitian yang tinggi.

Berbeda kalau kamu suka bermain RPG, pilihan monitor gaming yang cocok adalah resolusi Quad HD atau 1440p maupun UHD 4K. Dengan resolusi yang lebih besar, tentu detail gambar akan menjadi lebih akurat.

Pilih Monitor Gaming dengan Refresh Rate Tinggi

Selain resolusi layar, tips memilih monitor gaming terbaik yang tidak boleh kamu lupa adalah refresh rate. Menjadi salah satu fitur penting yang harus ada di monitor gaming, refresh rate merupakan jumlah berapa kali layar dapat melakukan refresh frame untuk per detiknya.

Di monitor PC biasa, refresh rate yang dihadirkan hanya 60Hz. Artinya, setiap detik monitor tersebut melakukan refresh frame sebanyak 60 kali. Karena itulah, kamu yang mencari monitor untuk bermain game disarankan memilih refresh rate di atas 60Hz.

Kebanyakan game-game terkini diisi oleh adegan-adegan dengan kecepatan yang tinggi. Jadi, dibutuhkanlah monitor yang dapat melakukan refresh gambar dengan cepat per detiknya. Ada baiknya kamu memilih monitor gaming dengan refresh rate 90Hz, 120Hz, 144 Hz, ataupun 240Hz.

Tentunya semakin tinggi refresh rate yang dilakukan akan semakin bagus kecepatan game kamu.

Cari Response Time Rendah

Ada banyak fitur yang harus diperhatikan saat mencari monitor gaming, salah satunya response time. Fitur tersebut bisa dikatakan juga sebagai waktu tanggap. Dengan kata lain, response time merupakan waktu yang diberikan oleh layar untuk melakukan berbagai respon dan menampilkan perintah yang diminta penggunanya ke komputer.

Pastikan kamu memilih waktu respon yang singkat karena semakin singkat waktunya akan semakin baik. Selain itu, keunggulan layar memiliki response time yang pendek yaitu bisa menghilangkan efek ghosting atau jejak pergerakan objek yang tentunya dapat mengganggu tampilan game kamu.

Kamu bisa memilih monitor gaming dengan response time di bawah 5ms. Tapi, saat ini juga sudah mulai banyak monitor untuk bermain game yang menawarkan response time hanya 1ms saja.

Pilih Jenis Panel Sesuai Kebutuhan

Kalau kamu belum tahu, monitor gaming memiliki beragam jenis panel layar. Tapi ada 2 jenis yang sangat umum digunakan oleh kalangan gamer, yakni TN Panel atau Twisted Nematic Panel dan IPS Panel atau In Plane Switching Panel.

Kamu yang ingin mencari harga monitor yang murah, kamu bisa memilih panel TN dibandingkan layar IPS. Tidak hanya sekedar murah saja, bahkan untuk response time layar TN justru lebih cepat dan refresh rate-nya tinggi.

Hanya saja, jenis panel tersebut mungkin akan kurang nyaman dipakai karena gambarnya tidak memiliki sudut pandang yang lebar. Jadi, kalau kamu ingin melihat monitor dari pinggir gambarnya, tentu terlihat buram, tidak jelas, atau terkadang ada warna yang kabur.

Berbeda dengan layar IPS yang memiliki sudut pandang yang lebih lebar, sehingga dilihat dari arah manapun akan tetap bagus. Untuk response time dan refresh rate sebenarnya tidak berbeda jauh dengan layar TN, tapi pastinya harganya lebih mahal.

Tentukan Ukuran Monitor yang Tepat

Memilih ukuran monitor yang tepat menjadi tips memilih monitor gaming terbaik terakhir yang wajib banget kamu lakukan. Kamu bisa menyesuaikannya dengan luas ruangan atau luas meja agar nantinya tidak terlihat terlalu kebesaran maupun kekecilan.

Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikannya dengan game yang sering kamu mainkan. Contohnya saja kamu sering bermain game FPS, ukuran 24 inch sampai 27 inch sudah sangat cukup sebagai layar monitor gaming kamu. Tapi, kalau kamu membutuhkan ukuran yang lebih besar, monitor di atas 27 inch bisa menjadi pilihan yang tepat. Tapi ingat, asalkan ruanganmu atau meja komputer tidak sempit dan dana memadai.

Menggunakan monitor gaming untuk bermain game tentu menjadi kepuasan tersendiri untuk para gamer. Dilengkapi dengan fitur-fitur yang mumpuni untuk game-game yang dimainkan, tentunya pengalaman bermain game menjadi semakin seru. Semoga dengan tips memilih monitor gaming terbaik di atas bisa membantumu mencari monitor yang tepat, ya.

via Pemmzchannel