JAKARTA, – Feng shui adalah filosofi yang melihat bagaimana meningkatkan aliran energi di rumah kita. Feng shui berasal dari China kuno, yang dikembangkan untuk membantu menempatkan rumah dalam hubungannya dengan kondisi lingkungan.

Di dunia modern, feng shui dapat didefinisikan sebagai “kesadaran akan ruang”. Ketika kita bisa menyadari detail di ruang sekitar, kita bisa terhubung dan menciptakan rumah yang memelihara dan mendukung kita.

Salah satu dari banyak cara untuk mulai menerapkan prinsip feng shui ke dalam hidup adalah dengan memperbaiki lima kesalahan tata letak dekorasi rumah yang paling umum.

Baca juga: 6 Lokasi Terbaik untuk Meletakkan Lidah Mertua Menurut Feng Shui

Jangan khawatir, sebagian besar mudah diperbaiki. Tetapi jika Anda tidak bisa, ingatlah untuk melakukan yang terbaik yang Anda bisa dengan apa yang Anda miliki.

Dikutip dari Real Simple, Rabu (28/4/2021), berikut beberapa kesalahan umum penataan ruang menurut feng shui.

1. Pintu terhalang

Dalam feng shui, pintu mewakili suara Anda. Pintu juga merupakan cara energi mengalir ke dalam dan ke seluruh rumah.

Kerap kali pintu yang terhalang dan tidak dapat dibuka hingga 90 derajat. Terkadang ada banyak kekacauan yang tergantung di balik pintu.

Baca juga: Feng Shui: Letakkan 6 Benda Ini di Rumah untuk Mendatangkan Kesehatan

Selain itu, ada juga furnitur yang menghalangi pintu agar tidak terbuka sepenuhnya. Bagaimanapun, bersihkan kekacauan dan singkirkan furnitur sehingga Anda dapat mengundang aliran qi (energi gaya hidup) yang baik ke dalam ruangan Anda.

2. Tempat tidur tidak di dalam titik fokus

Salah satu prinsip terpenting dalam feng shui disebut commanding position atau titik fokus, yang menempatkan kita dalam kendali hidup kita sehingga kita dapat bersantai dan melihat peluang datang ke arah kita.

Sangat umum tempat tidur diletakkan di di luar titik fokus. Untuk memastikan tempat tidur sesuai dengan titik fokus, Anda harus dapat melihat pintu tanpa perlu langsung sejajar dengannya saat berbaring di tempat tidur.

Untuk memperbaiki tempat tidur yang di luar titik fokus, pilihan pertama dan terbaik adalah memindahkannya. Biasanya, yang terbaik adalah berada diagonal ke pintu.

via Kompas