Mencatat transaksi keluar masuk dengan buku sekarang sudah dianggap kuno. Saat ini sudah banyak Aplikasi Keuangan yang bisa diinstall di HP android dan iPhone mulai versi gratisan maupun premium. Di pembahasan kali ini admin akan memberi contoh apa saja nama aplikasi di play store untuk manajemen keuangan anda.

5 Aplikasi Keuangan Gratisan di Android dan iOS Terbaik dan Populer

Saat ini tidak hanya di perangkat PC saja kita bisa menjalankan software finance. Jaman sudah semakin canggih dan smartphone sudah berkembang pesat untuk bisa digunakan di segala keperluan, Mulai dari perencanaan keuangan, menonton TV, main Game PC versi Mobile, Editing video dan lain sebagainya.

Bicara soal keluar masuknya uang tentu harus di-manage dengan baik supaya pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan. Disinilah pentingnya mencatat aliran keuangan dengan menggunakan sebuah aplikasi finance, selain lebih cepat cukup menggunakan smartphone, data bisa dibuka kapan saja dengan lebih aman tanpa membawa tumpukan buku kas yang tebal.

Aplikasi manajemen Keuangan Terbaik di Android dan iOS

Dalam daftar berikut ini admin berikan contoh aplikasi yang populer untuk manajeman keuangan di smartphone Android dan iPhone (iOS). Dimana  urutan yang kami tampilkan tidak mempresentasikan peringkat tertinggi di play store melainkan sebuah referensi.

  • 1Money (Expense tracker, Money Manager, Budget)
Baca juga:  Cara Melacak Lokasi Orang Dari Nomor HP Secara Presisi

Pembuat aplikasi 1Money yaitu PixelRush yang sudah populer sebagai developer dengan rating yang bagus di google play store.

Aplikasi keuangan android 1Money memiliki rating tinggi yaitu 4.7/5 dengan estimasi unduhan dan instalasi satu juta lebih pengguna di seluruh dunia.

Pengguna dengan mudah membuat statistik keuangan dengan warna-warni yang bisa dipilih untuk memudahkan membaca diagram. Begitu juga untuk beberapa kategori juga ditandai dengan ikon tertentu sehingga mudah untuk dimengerti.

Hampir semua fitur keuangan pribadi maupun yang lebih kompleks bisa dijalankan. Untuk mencobanya anda bisa mencoba mengunduh Aplikasi 1Money dari play store secara resmi.

  • Money Lover App

Aplikasi Money Lover juga memiliki fitur yang sangat lengkap dan kelebihannya bisa dihubungkan ke akun rekening Bank.

Bisa dibilang aplikasi ini kategori pengatur keuangan keluarga. Dimana kita bisa mengatur alur uang masuk dan keluar dengan mudah, tersusun rapi dan laporan berkala tersedia lengkap.

Fitur Unggulan aplikasi Finance Money Lover diantaranya :

  • Budgeting, fungsinya kita bisa mengatur uang keluar yang kita gunakan dengan batasan tertentu untuk kategori yang kita tentukan pula, seperti pengeluaran maksimal untuk makan, transport, pembelian kuota internet dan lainnya)
  • Manajemen Keuangan, fitur pelacakan pemasukan dan pengeluaran mudah digunakan meski orang awam sekalipun.
  • Laporan keuangan, Transaksi apapun bisa kita lihat data laporannya dengan detail menurut waktu yang ditentukan
Baca juga:  Cara Kirim Saldo OVO ke DANA Langsung dari Menu Aplikasi

Ada versi berbayar dan gratisan untuk aplikasi Money Lover. Pastinya dengan mengeluarkan sedikit uang untuk membeli versi PRO, kita bisa mendapat tambahan fitur unggulan.

  • Monefy (Budget Manager and Expense Tracker)

Di urutan ketiga ada Aplikasi Keuangan bernama Monefy yang sudah diunduh Lima juta pengguna di seluruh Dunia. Ratingnya juga bagus di Play store dan layak untuk dicoba.

Aplikasi Monefy memiliki interface tampilan yang soft dan memiliki beberapa fitur statistik model Pie Chart untuk melihat flow pemasukan dan pengeluaran, serta beberapa fitur umum manajemen finance lainnya.

  • My Finances App

Sama seperti aplikasi finance umumnya, App My Finances ini juga memiliki fitur dasar seperti pencatatan dan pengaturan arus uang masuk dan keluar.

Adapun salah satu kelebihan dari aplikasi ini yaitu kita bisa memanage beberapa akun sekaligus, melihat detail transaksi dan lain sebagainya.

  • Money Manager Expense & Budget

Pengembang aplikasi keuangan Money Manager Expense & Budget yaitu Realbyte inc dengan jumlah download di play store sebanyak 10 Juta kali.

Baca juga:  Membuat VCN dari BCA Mobile Banking Begini Langkahnya

Banyak fitur unggulan yang bisa dikatakan sama seperti keempat aplikasi keuangan diatas, seperti manajemen pemasukan uang, pengeluaran, biaya tidak terduga dan lain sebagainya.

Selain daftar diatas, sebenanrnya masih banyak aplikasi finance gratisan untuk Android dengan berbagai fitur unggulan yang ditawarkan.

Untuk anda yang menginginkan bisa melakukan sinkron atau menghubungkan aplikasi keuangan dengan rekening Bank bisa mencoba menggunakan aplikasi Monefy dan Money Lover.

Dengan melakukan manajemen keuangan yang tepat dan tercatat dengan rapi, maka kita bisa memulai hidup hemat. Apapun yang kita beli dan pemasukan dari manapun bisa kita tracking karena ada pelaporan untuk melakukan analisa kedepannya.

Demikianlah pembahasan singkat tentang 5 aplikasi manajemen keuangan modern yang bisa dijalankan di sistem Android dan iOS, semoga perencanaan keluar masuk uang yang terkoordinir bisa menjauhkan kita dari pemborosan.

via gusinfo