5.000 UMKM Solo di Shopee Siap Tembus Pasar Internasional
Sumber: Screenshot YouTube SHOPEE Indonesia

Sebanyak 5.000 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Solo sudah terdaftar dalam program ekspor Shopee Bersama UMKM. Program ini merupakan kolaborasi Shopee dengan Pemerintah Kota Surakarta dalam wujud UMKM Solo Go Ekspor.

“Kita ingin menjadikan Solo sebagai contoh bagi kota lain bagaimana karya-karya kreatif dari UMKM lokal bisa menjadi barang-barang yang sangat diminati di pasar internasional,” ujar Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja dalam penandatanganan MOU Pengembangan UMKM Siap Ekspor di Solo (23/4/21).

Kerja sama Shopee bersama UMKM ini dilakukan melihat adanya peluang besar dari bisnis mikro, kecil, dan menengah di Solo. Total terdapat 40.000 UMKM Solo yang sudah terdaftar di Shopee. Mereka menawarkan produk-produk yang unik, mulai dari kuliner, batik, aksesori, hingga fashion.

Adapun selama enam bulan terakhir, terdapat pertumbuhan ekspor sebanyak enam kali lipat dari produk-produk yang dijual melalui Shopee. Sebanyak 1,5 juta produk tersebut sudah diekspor ke sejumlah negara, seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Brazil.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Surakarta berharap bahwa UMKM di daerahnya bisa mendapat pendampingan yang layak untuk berselancar di kancah internasional.

“Kita ingin UMKM ini didampingi dari A sampai Z, mulai dari packaging, branding, perizinan, pengaturan cash flow, hingga financial and marketing report. Kalau semuanya didampingi, saya yakin UMKM Solo bisa naik kelas,” ucap Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Salah satu UMKM yang sudah berhasil mengekspor produknya ke luar negeri adalah WOU Batik. Awalnya, produk mereka terjual 50-60 paket perhari. Namun, sejak bergabung dengan program UMKM Solo Go Ekspor, WOU Batik berhasil menjual sekitar 10.000 paket perbulan. Sebanyak 70% di antaranya terjual melalui Shopee.

Begitu pula dengan Toko Oleh-Oleh Tiyang Jawi. Mereka mengirim produknya sebanyak 3-4 kali ke Singapura atau Malaysia setiap minggunya.

“Terima kasih Shopee sudah membuat produk UMKM kami mendunia!” seru Founder Toko Oleh-Oleh Tiyang Jawi Sigit Purnomo.

Shopee sudah berkomitmen untuk memajukan ekonomi Indonesia. Itulah mengapa Shopee bersama UMKM akan terus memperjuangkannya.

Lihat video Shopee Bersama UMKM | Dari Solo untuk Dunia di sini:

[embedded content]

Demikian salah satu cerita Shopee bersama UMKM.

Yuk, ikuti berbagai kegiatan dan program Shopee di Instagram Shopee, Facebook Shopee, dan YouTube Channel Shopee. Sampai bertemu di cerita berikutnya, ya, Sobat Shopee!

via shopee