JAKARTA, – Siapa yang tak kenal dengan mayones? Saus yang memiliki rasa khas ini banyak digunakan di berbagai sajian hidangan.

Namun, tahukah Anda, manfaat mayones tidak hanya sebagai penyedap hidangan, namun juga membersihkan berbagai benda?

Dilansir dari Southern Living, Sabtu (4/9/2021) tekstur berminyak mayones dapat membersihkan segala benda di sekitar Anda. Berikut beberapa manfaat mayones untuk membersihkan berbagai benda di rumah.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Membersihkan Dapur

1. Untuk memperbaiki lecet dan goresan pada lantai kayu

Menurut The Kitchn, tekstur berminyak mayones akan membuat lapisan berminyak tidak berwarna yang mengisi noda kecil dan menutupi goresan yang mengganggu. Mayones dapat memperbaiki lecet pada dan goresan pada lantai kayu keras.

3 Benda Ini Dapat Dibersihkan dengan Mayones, Apa Saja?SHUTTERSTOCK/ Tutatamafilm Ilustrasi mayones.

Caranya, gosokkan sabun berbahan dasar minyak di lantai untuk menghilangkan kotoran di permukaan, lalu lapisi area yang tergores atau lecet dengan mayones. Biarkan beberapa jam untuk mayones bekerja, kemudian bersihkan mayones dengan lap basah.

2. Hapus residu perekat

Minyak dalam mayones tidak hanya enak, tetapi juga sangat efisien dalam mengurai perekat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk membantu menghilangkan tanda-tanda yang tertinggal dari segala sesuatu mulai dari stiker hingga label pada stoples kaca, cukup oleskan mayones, diamkan selama sekitar 20 menit, lalu bersihkan dan atau kupas stiker tersebut.

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Keramik agar Awet dan Higienis

3. Membersihkan peralatan stainless steel

Peralatan stainless steel atau baja tahan karat terkadang meninggalkan sidik jari yang tidak enak dilihat. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan mayones hanya dengan mengoleskannya lalu diamkan beberapa menit dan lap dengan kain lembap.

via Kompas