10 Skincare yang Mengandung Retinol, Basmi Jerawat hingga Anti Aging

0 Comments
10 Rekomendasi Skincare yang Mengandung Retinol Terbaik 2021

Home Featured 10 Skincare yang Mengandung Retinol, Basmi Jerawat hingga Anti Aging

10 Skincare yang Mengandung Retinol, Basmi Jerawat hingga Anti Aging

Sumber Gambar: Asian Beauty Corner

Seiring bertambahnya usia kulit wajah mulai muncul tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam dan garis-garis halus. Oleh sebab itu, disarankan untuk mulai mencoba produk skincare yang mengandung retinol. Tapi, sebelum itu, kamu harus tahu apa itu retinol?

Retinol merupakan senyawa turunan vitamin A yang mampu mengatasi tanda-tanda penuaan dini, karena retinol bisa menembus lapisan kulit untuk merangsang produksi kolagen serta memperbaiki sel kulit yang rusak. Maka, kulit akan tampak awet muda dan lebih kencang.

Produk Rekomendasi

Dengan berbagai macam manfaat yang dimiliki, tentu saja banyak orang yang ingin mencoba produk anti-aging satu ini. Nah, jika kamu tertarik skincare apa saja yang mengandung retinol? Simak selengkapnya berikut ini!

Baca Juga:

Daftar Skincare yang Mengandung Retinol 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai produk yang mengandung retinol, mungkin beberapa diantara kamu ada yang penasaran bahwa retinol bisa dipakai untuk umur berapa?

Sebenarnya, penggunaan retinol tidak ada batasan usia tertentu. Namun, lebih dianjurkan bagi kamu yang sudah berusia diatas 25 tahun. Sebab, penggunaan retinol pada usia remaja lebih rentan menyebabkan masalah pada kulit, seperti kulit kering maupun iritasi.

1. Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Sumber Gambar: Shopee.co.id

Siapa yang tidak tahu dengan brand yang satu ini? Brand lokal asal jogja ini memang tergolong baru di industri kecantikan, tetapi koleksi produknya sudah cukup terkenal di kalangan beauty enthusiast. 

Avoskin mengusung konsep green beauty, yang mana semua produknya berasal dari alam dan diolah menggunakan teknologi canggih. Salah satunya adalah Avoskin Miraculous Retinol Ampoule yang diperkaya dengan vitamin E, tea tree, aloe vera, dan raspberry. 

Selain ekstrak bahan alami, skincare yang mengandung retinol ini juga memiliki bahan aktif retinol sebesar 0,09% yang dipadukan dengan 0,1% hexapeptide dan asam ellagic. 

Baca Juga:

Kombinasi ini membuat produk retinol ini ampuh mencegah tanda penuaan dini, serta diklaim dapat digunakan oleh perempuan maupun laki-laki yang berusia 20-an.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp 249.000

2. Somethinc Level 1% Retinol

Somethinc Level 1% Retinol

Sumber Gambar: Shopee.co.id

Somethinc menjadi salah satu brand lokal yang banyak digemari oleh para wanita Indonesia. Alasannya karena produk yang ditawarkan cruelty free, bersertifikat halal dan sudah terdaftar di BPOM, serta harganya yang ramah di kantong.

Salah satu produk andalannya adalah Somethinc Level 1% Retinol yang sudah dienkapsulasi dengan teknologi Gentinol dari Korea, sehingga serum retinol ini memiliki shield berbentuk kristal yang aman untuk kulit sensitif dan tidak menyebabkan iritasi.

Tak hanya itu saja, produk retinol lokal ini juga dapat mencegah kulit dehidrasi dan mampu menembus lapisan kulit dan membantu memperbaiki sel kulit yang rusak. Serum retinol dari Somethinc ini juga dapat mengontrol minyak berlebih berkat kandungan allantoin. 

Kisaran Harga: Mulai dari Rp 155.000

3. The Ordinary Retinol 1% in Squalane

The Ordinary Retinol 1% in Squalane

Sumber Gambar: Shopee.co.id

Sesuai namanya, The Ordinary Retinol 1% in Squalane mengandung 1% retinol murni yang mampu mengatasi garis halus serta tanda penuaan dini lainnya. Skincare yang mengandung retinol ini tergolong water free. 

Tidak hanya bisa digunakan sebagai anti-aging, serum retinol terbaik ini juga dapat mencerahkan kulit dan mengatasi jerawat. Ditambah dengan squalane atau minyak nabati yang mampu melembabkan kulit.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp 350.000

4. ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum

ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum

Sumber Gambar: Shopee.co.id

Jika kamu adalah pemula dan baru pertama kali menggunakan serum berbahan retinol, produk dari ElsheSkin ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum mengandung 1% retinol yang dapat memperbaiki skin barrier. 

Kandungan dari serum retinol ini mampu mencegah tanda-tanda penuaan sekaligus menjaga kelembaban kulit. Hal ini didapat berkat kandungan hyaluronic acid yang dapat mengunci kelembaban, sehingga kulit tampak lebih muda dan sehat.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp 240.000

5. Ertos Retinol Serum

Ertos Retinol Serum

Sumber Gambar: Shopee.co.id

Ertos Retinol Serum bekerja untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah dan tanda-tanda penuaan dini, seperti flek hitam, kulit kusam, dark circles, dan garis-garis halus di permukaan kulit.

Tak hanya retinol, produk satu ini juga mengandung soybean oil yang kaya antioksidan untuk menghalangi efek buruk radikal bebas. Selain itu, kandungan tersebut juga bermanfaat untuk melembabkan kulit.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp 120.000

6. Avoskin Miraculous Retinol Toner

Avoskin Miraculous Retinol Toner

Sumber Gambar: Shopee.co.id

Selain serum, skincare yang mengandung retinol juga tersedia dalam bentuk toner yang cocok bagi pemula. Salah satunya adalah Avoskin Miraculous Retinol Toner yang mengandung niacinamide untuk memperbaiki tekstur kulit dan mengatasi masalah jerawat.

Kandungan ekstrak buah manggis di dalamnya bekerja sebagai antioksidan alami untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas. Kamu bisa mengaplikasikan toner ini langsung dengan menggunakan tangan. Berkat tekstur gel, produk ini mudah meresap ke dalam kulit.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp 199.000

7. The Ordinary Granactive Retinoid 2% in Squalane

The Ordinary Granactive Retinoid 2% in Squalane

Sumber Gambar: Shopee.co.id

The Ordinary Granactive Retinoid 2% in Squalane diklaim dapat memberi hasil lebih baik berkat kandungan granactive retinoid di dalamnya. Meski sama-sama turunan vitamin A, akan tetapi kandungan ini dapat bekerja secara efektif tanpa menimbulkan iritasi.

Serum retinol terbaik ini juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang selama ini kurang cocok dengan skincare yang mengandung retinol. Kandungannya bebas alkohol, silikon, dan bahan kimia berbahaya lainnya, sehingga aman untuk pemilik kulit sensitif.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp 240.000

8. Pixi Retinol Tonic

Pixi Retinol Tonic

Sumber Gambar: Shopee.co.id

Siapa diantara kamu yang berpikir bahwa Pixi dan Pixy adalah brand yang sama? Padahal keduanya jelas berbeda, lho. Pixy adalah brand asal Indonesia – Jepang, sementara Pixi berasal dari Inggris.

Pixi Retinol Tonic menjadi salah satu produk yang mengandung retinol yang mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti jerawat, hiperpigmentasi, tanda penuaan dini, hingga wajah kusam.

Kandungan ekstrak bunga melati dan lavender dalam produk ini dapat memberikan sensasi menyegarkan. Selain itu, kandungan peptide di dalamnya juga dapat membuat kulit lebih halus dan merangsang produksi kolagen.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp 260.000

9. For Skin’s Sake Retinol Overnight Cream

For Skin's Shake Retinol Overnight Cream

Sumber Gambar: Shopee.co.id

Selain serum dan toner, skincare yang mengandung retinol juga hadir dalam bentuk cream, termasuk produk dari brand For Skin’s Sake yang satu ini. Produk ini dapat membantu menutrisi kulit saat malam hari.

Produk yang mengandung retinol ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen untuk kebutuhan regenerasi kulit. Tak hanya retinol, For Skin’s Sake Retinol Overnight Cream juga dilengkapi bahan-bahan bernutrisi lainnya untuk menangkan kulit dan menjaga agar tetap terhidrasi.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp 240.000

10. Neutrogena Rapid Wrinkle Repair Retinol Oil

Neutrogena Rapid Wrinkle Repair Retinol Oil

Sumber Gambar: Shopee.co.id

Kandungan 0,3% retinol SA dalam Neutrogena Rapid Wrinkle Repair Retinol Oil dapat membantu menyamarkan kerutan pada wajah setelah pemakaian secara teratur selama satu minggu.

Selain itu, formulasi lain di dalamnya juga bisa membantu menyamarkan flek hitam dan menghidrasi kulit yang kering sehingga kulit wajah tampak lebih awet muda dan segar. Produk ini juga mudah menyerap dan sudah teruji secara klinis oleh dermatologis.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp 445.000

Aturan Cara Memakai Retinol yang Tepat 

Retinol mempunyai fungsi utama sebagai anti-aging, akan tetapi senyawa ini juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, mengontrol produksi minyak, dan menyamarkan pori-pori pada wajah.

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat dan rekomendasi skincare yang mengandung retinol. Kini, kamu perlu tahu dengan jelas cara memakai retinol yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal, seperti kulit kencang dan bebas jerawat.

1. Dosis Retinol yang Digunakan

Dosisi serum retinol yang tepat

Sumber Gambar: Freepik

Setiap produk perawatan wajah pasti memiliki kandungan dan takaran yang tepat untuk wajah. Namun, tak ada salahnya jika kamu mengetahui takaran retinol yang tepat.

Dosis retinol mempunyai konsentrasi sekitar 0,1% hingga 1%, yang bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing kulit.

Jika kamu memiliki masalah tanda penuaan yang cukup serius, dosis yang dibutuhkan setidaknya 2%. Akan tetapi, tak ada salahnya untuk melakukan konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

2. Waktu Penggunaan 

Waktu pemakaian serum retinol yang tepat

Sumber Gambar: Freepik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu sudah diperbolehkan untuk menggunakan produk yang mengandung retinol sejak umur 25 tahun secara rutin agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Karena retinol termasuk bahan aktif, maka penggunaannya dianjurkan di malam hari. Sebab, proses regenerasi kulit lebih maksimal saat malam hari. Coba gunakan setidaknya dua kali dalam seminggu.

Apabila tidak menimbulkan efek samping pada kulit, kamu bisa tingkatkan frekuensi pemakaian menjadi tiga kali seminggu.

3. Gunakan Sunscreen

Gunakan sunscreen pada wajah

Sumber Gambar: The Mirror

Tergolong sebagai bahan aktif, maka sangat dianjurkan menggunakan sunscreen di pagi hari setelah pemakaian retinol pada malam hari. Sebab, retinol akan membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Manfaat dari retinol pun juga bisa menghilang apabila tidak dibarengi dengan penggunaan sunscreen secara rutin. Tanpa menggunakan pelindung tabir surya, khawatir wajah kamu akan iritasi atau bahkan tampak kusam.

4. Hindari Penggunaan Bersama dengan Produk Eksfoliasi

Hindari penggunaan AHA BHA bersama Retinol

Sumber Gambar: Nykaa

Retinol memiliki peeling agent untuk membantu proses regenerasi kulit. Maka dari itu, tidak disarankan menggunakan retinol bersamaan dengan skincare eksfoliasi, seperti AHA, BHA, dan PHA.

Sebab, produk eksfoliasi bersifat mengangkat sel-sel kulit mati dan apabila digabungkan dengan retinol, kulitmu akan bekerja keras. Hal ini bisa membuat kulitmu semakin sensitif, kering, mengelupas, dan iritasi.

Solusinya bisa gunakan retinol di waktu yang berbeda dengan AHA, BHA, dan benzoil peroksida guna meminimalisir kemungkinan efek sampingnya.

Beli Skincare yang Mengandung Retinol via Shopee

Itu dia rekomendasi skincare yang mengandung retinol yang bisa kamu coba. Jika sudah menemukan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit, jangan lupa selalu gunakan sunscreen, ya!

Dalam beberapa kasus, penggunaan retinol dapat memberikan efek samping seperti kulit menjadi kering, mengelupas, bahkan hingga iritasi. Akan tetapi, selama menggunakannya dengan tepat dan sesuai aturan, kamu akan mendapatkan manfaat yang baik.

Sobat Shopee juga bisa membeli berbagai kebutuhan perawatan wajah lainnya seperti toner, moisturizer, hingga masker wajah dengan harga terbaik hanya di Shopee!

NEWSLETTER

Mau dapat lebih banyak inspirasi dari Shopee? Yuk, sign up ke newsletter kami!

Previous article8 Manfaat Clay Mask untuk Wajah dan Cara Penggunaannya

via shopee

Pastikan Baca
Promo Superindo, Katalog Superindo, Promo Supermarket, Diskon SuperindoKatalog Promo Super…
close