10 Makanan Anti Radang


SoPasti.Com – Peradangan atau Inflamasi adalah bagian dari respon kekebalan tubuh. Peradangan tidak berarti infeksi, bahkan ketika infeksi menyebabkan peradangan. Inflamasi pun sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan kronis. Untuk mengurangi peradangan sopasti menginformasikan Makanan Anti Radang.

Harus ingat bahwa peradangan merupakan bagian dari proses penyembuhan. Kadang-kadang mengurangi peradangan diperlukan, tetapi tidak selalu. Pengobatan dapat dengan obat anti-inflamasi, seperti ibuprofenaspirin, atau kortikosteroid. Kami sarankan lebih dulu makan Makanan Anti Radang daripada langsung mengkonsumsi obat.

Inilah 10 Makanan Anti Radang

Berikut Makanan anti inflamasi yang dilansir oleh healthline:

  • Kale

Kale atau kubis daun adalah kultivar tertentu dari kubis yang ditanam untuk daunnya yang dapat dimakan. Tanaman kale memiliki daun hijau atau ungu dan daun pusat tidak membentuk kepala. Kalu mengandung berbagai fitonutrien dan antioksidan yang membantu melindungi tubuh kita terhadap kerusakan sel.

  • Nanas

10 Makanan Anti Radang
Natural Food Series

Buah yang di sebut juga nenas, atau ananas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan. Nanas banyak mengandung vitamin C dan enzim yang disebut bromelain yang dapat membantu merangsang pencernaan protein, mengurangi peradangan usus, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

  • Ikan Salmon

Secara umum, salmon adalah spesies anadromous, yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak. Salmon lahir di perairan air tawar, bermigrasi ke laut, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi.

Salmon juga merupakan sumber protein dan dikemas dengan banyak vitamin dan mineral lainnya termasuk vitamin B-12, B-3, D, potasium, dan selenium.

  •  Jamur

Jamur mengandung berbagai senyawa yang dapat membantu meningkatkan kekebalan dan menurunkan peradangan di seluruh tubuh.

Mereka terdiri dari polisakarida rantai panjang yang disebut beta-glucan yang mempromosikan sistem kekebalan tubuh yang kuat, dan juga rumah antioksidan kuat yang disebut ergothioneine yang dapat membantu melawan peradangan.

Jamur juga merupakan sumber protein, serat, dan berbagai vitamin B.

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.

Mengandung vitamin C dan K, folat, dan serat, brokoli adalah pembangkit tenaga anti-peradangan.

Terutama kaya antioksidan seperti flavonoid kaempferol dan quercetin, serta berbagai karotenoid.

Dulse adalah sejenis rumput laut yang mengandung kelompok unik polysaccharides yang disebut fucoidans, yang berfungsi mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Sayuran laut yang unik ini mempunyai kandungan dengan berbagai manfaat diantara lain adalah:

-besi
-kalium
-yodium
-serat
-protein nabati

  • Blueberry 

Rendah gula dan tinggi serat, buah ini mengandung vitamin A, C, dan E, dan mengandung berbagai sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Antioksidan utama, anthocyanin, adalah apa yang membuat berry ini berwarna biru tua yang cantik.


Baca Juga :


  • Sauerkraut

Makanan ini adalah makanan Jerman dari kubis yang diiris halus dan difermentasi oleh berbagai bakteri asam laktat, seperti LeuconostocLactobacillus dan Pediococcus

Sauerkraut, atau kubis yang difermentasi, mengandung vitamin C dan K, zat besi, dan serat, dan secara alami mengandung bakteri usus sehat yang disebut probiotik.

Dengan mengonsumsi makanan seperti sauerkraut, kita meningkatkan kesehatan sistem pencernaan kita dengan mengoptimalkan flora usus kita dan menyeimbangkan mikrobioma usus kita.

sumber : healthline


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Pastikan Komentar