JAKARTA, –Sebagai penghuni, kita tentu ingin memiliki rumah yang bersih dan nyaman.

Untuk itu, kita perlu meluangkan waktu dan tenaga agar rumah tetap terjaga kebersihannya. Membersihkan rumah juga perlu dilakukan secara menyeluruh minimal satu minggu sekali.

Ini akan membuat seluruh bagian rumah bersih dan tentu sehat untuk semua anggota keluarga.

Untuk kamu yang akan memulai kegiatan pembersihan mingguan, berikut daftar barang dan bagian rumah yang seharusnya kamu bersihkan seminggu sekali seperti dilansir dari Bob Vila, Jumat (28/5/2021).

1. Disinfeksi tempat cuci piring

Tempat cuci piring di dapur adalah tempat berkembang biaknya bakteri. Menurut NSF International, sebuah organisasi yang bekerja untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan manusia di seluruh dunia, bak cuci adalah benda paling kotor nomor dua di rumah, setelah spons dan kain lap dapur.

Idealnya, kamu harus membersihkan wastafel setiap hari. Tapi setiap seminggu sekali kamu perlu membersihkannya secara lebih menyeluruh dengan mencuci permukaan dengan sabun dan air panas.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, gunakan produk desinfektan untuk menghilangkan mikroorganisme yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan.

2. Microwave

Kamu mungkin membersihkan semua permukaan di dapur secara teratur, namun bagian dalam microwave seringkali terlewatkan.

Lakukan pembersihan microwave seminggu sekali. Salah satu trik untuk menghilangkan noda dan kotoran dengan mudah adalah dengan memasukkan setengah cangkir air dan setengah cangkir cuka putih ke dalam mangkuk tahan microwave dan panaskan dengan api besar sampai campuran mendidih.

Uap akan melonggarkan partikel makanan yang menempel di bagian dalam microwave dan akan memudahkan kamu menyeka bekas tumpahan makanan dengan spons atau kain mikrofiber.Baca juga: Jangan Salah Beli, Ini Perbedaan Oven dan Microwave

via Kompas